BELAJAR DAN BERBAGI
Bursa Jual Beli Mobil Bekas di Denpasar, Bali
banner

NAMA-NAMA PLANET DALAM TATA SURYA

NAMA-NAMA PLANET DALAM TATA SURYA
NAMA-NAMA PLANET DALAM TATA SURYA

Dalam pembelajaran IPA ( Ilmu Pengetahuan Alam) di SD (Sekolah Dasar) atau sekarang memakai sebutan mata pelajaran Sains, terdapat materi pelajaran Bumi dan Alam Semesta. Skenario pembelajaran Bumi dan Alam Semesta ini, Kompetensi dasarnya adalah Mendeskripsikan sistem tata surya dan posisi penyusun tata surya dengan salah satu indikator pembelajarannya yaitu Mengenali planet-planet dan benda-benda langit yang beredar mengelilingi matahari. Postingan kali ini saya akan membahas masalah Planet yang saya dapat dari wikipedia.org dan sumber-sumber lainnya yang membahas tentang system tata surya. Planet adalah benda langit yang memiliki ciri-ciri berikut :
  1. Mengorbit mengelilingi bintang atau sisa-sisa bintang
  2. Mempunyai massa yang cukup untuk memiliki gravitasi tersendiri agar dapat mengatasi tekanan sehingga benda angkasa tersebut mempunyai bentuk kesetimbangan hidrostatik (bentuk hampir bulat)
  3. Tidak terlalu besar hingga dapat menyebabkan terhadap di intinya; dan,
  4. Telah "membersihkan lingkungan" (mengosongkan orbit agar tidak ditempati benda-benda angkasa berukuran cukup besar lainnya selain satelitnya sendiri) di daerah sekitar orbitnya.
Berdasarkan definisi di atas, maka dalam sistem Tata Surya terdapat delapan planet. Hingga 24 Agustus 2006, sebelum Persatuan Astronomi Internasional (International Astronomical Union = IAU) mengumumkan perubahan pada definisi "planet" sehingga seperti yang tersebut di atas, terdapat sembilan planet termasuk Pluto, bahkan benda langit yang belakangan juga ditemukan sempat dianggap sebagai planet baru, seperti: Ceres, Sedna, Orcus, Xena, Quaoar, UB 313. Pluto, Ceres dan UB 313 kini berubah statusnya menjadi "planet kerdil/katai."

Nama planet dalam bahasa lain Planet diambil dari kata dalam bahasa Yunani Asteres Planetai yang artinya Bintang Pengelana. Dinamakan demikian karena berbeda dengan bintang biasa, Planet dari waktu ke waktu terlihat berkelana (berpindah-pindah) dari rasi bintang yang satu ke rasi bintang yang lain. Perpindahan ini (pada masa sekarang) dapat dipahami karena planet beredar mengelilingi matahari. Namun pada zaman Yunani Kuno yang belum mengenal konsep heliosentris, planet dianggap sebagai representasi dewa di langit. Pada saat itu yang dimaksud dengan planet adalah tujuh benda langit: Matahari, Bulan, Merkurius, Venus, Mars, Jupiter dan Saturnus. Astronomi modern menghapus Matahari dan Bulan dari daftar karena tidak sesuai definisi yang berlaku sekarang. Sebelumnya, planet-planet anggota galaksi Bimasakti ada 9, Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter/Yupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, dan Pluto. Namun, tanggal 26 Agustus 2006, para ilmuwan sepakat untuk mengeluarkan Pluto dari galaksi Bimasakti sehingga jumlah planet pada galaksi Bimasakti jumlahnya ada 8, Yaitu :
  1. Planet Merkurius
  2. Planet Venus
  3. Planet Bumi
  4. Planet Mars
  5. Planet Yupiter
  6. Planet Saturnus
  7. Planet Uranus
  8. Planet Neptunus
Sumber : wikipedia.org
EKA IKHSANUDINEKA IKHSANUDIN
Selamat Datang di Blog Pribadi Saya Belajar dan Berbagi. Salam Persahabatan dan Salam Lestari Buana Nusantara dari Karawang - Jawa Barat.
Follow Me: | +Google | Facebook | Twitter | Contact | My Music |
Terimakasih Sobat, telah berkunjung dan membaca artikel mengenai :
NAMA-NAMA PLANET DALAM TATA SURYA
Share This Article :
Print PDF
.post-comment-link { visibility: hidden; }
SALAM LESTARI BUANA NUSANTARA
BLOG BUDAK KAMPUNGSAWAH
EKA IKHSANUDIN
EKA IKHSANUDIN
EKA IKHSANUDIN
Follow blog
 
Support : KAMPUNGSAWAH 0703 | BUDAK KAMPUNGSAWAH
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. BELAJAR DAN BERBAGI - All Rights Reserved
Blog Eka Ikhsanudin
Original Design by Creating Website | Edited by Kompi Ajaib | Blogger Belajar dan Berbagi