HUT KABUPATEN KARAWANG KE 380

SELAMAT HUT KABUPATEN KARAWANG KE 380 TAHUN 2013

Tanggal 10 Mulud 1043 Hijriah bertepatan dengan tanggal 14 September 1633 Masehi, Raja Mataram Sultan Agung melantik Adipati Singaperbangsa sebagai Bupati Karawang yang pertama bergelar Adipati Kertabumi IV. Dengan demikian secara tradisional setiap tanggal 14 September masyarakat dan Pemerintah Daerah memperingati sebagai "Hari Jadi Kabupaten Karawang".
Pada abad ke - 17 Karawang merupakan salah satu kota pelabuhan di tepi sungai Citarum. Kota ini termasuk ke dalam wilayah kekuasaan Kerajaan Pajajaran yang direbut oleh Kerajaan Mataram yang pada masa itu ingin menguasai Batavia dan Kerajaan Banten, maka Sultan Agung menjadikan Karawang sebagai tempat untuk mempersiapkan penyerangan Kerajaan Mataram terhadap pasukan VOC (Belanda), persiapan tersebut meliputi persiapan bala tentara dan perbekalan makanan. 

Dalam menjalankan tugasnya Aria Wirasaba yang diangkat menjadi Wedana oleh Sultan Agung saat itu membuka areal persawahan untuk bekal perang yang dimulai dari Tegal, Cirebon, Indramayu hingga wilayah Karawang. Bahkan di wilayah Karawang beliau berhasil mendirikan tiga buah desa, yaitu Desa Waringinpitu, Desa Parakan Sapi dan Desa Adiarsa. Oleh sebab itu hingga sekarang Karawang merupakan daerah pesawahan yang luas dan penghasil beras terbesar di Jawa Barat. Maka tidak heran jika Karawang mendapat julukan sebagai "Lumbung Padi" atau "Kota Padi".

HUT KABUPATEN KARAWANG KE 380 TAHUN 2013
 Logo Kabupaten Karawang
Pada jaman Revolusi Kemerdekaan Republik Indonesia, Karawang menjadi tempat perjuangan melawan penjajahan Belanda. Masa itu rakyat Karawang berjuang mempertahakan Tanah Air. Berdasarkan peristiwa tersebut seorang penyair terkenal bernama Chairil Anwar melukiskan sejarah ini dalam puisinya berjudul "Antara Karawang dan Bekasi".
 
SELAMAT HARI ULANG TAHUN KABUPATEN KARAWANG KE - 380
14 September 1633 - 14 September 2013
EKA IKHSANUDINEKA IKHSANUDIN
Selamat Datang di Blog Pribadi Saya Belajar dan Berbagi. Salam Persahabatan dan Salam Lestari Buana Nusantara dari Karawang, Jawa Barat, Indonesia.
Follow Me : | Google | Facebook | Twitter | Instagram | Youtube |
Terimakasih Sobat, telah berkunjung dan membaca artikel mengenai :
HUT KABUPATEN KARAWANG KE 380
SALAM LESTARI BUANA NUSANTARA
Kampungsawah0703 - Karawang
EKA IKHSANUDIN
EKA IKHSANUDIN
EKA IKHSANUDIN
 
Support : KAMPUNGSAWAH 0703 | EkaIkhsanudin.Net
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Belajar dan Berbagi - All Rights Reserved
BELAJAR DAN BERBAGI - Eka Ikhsanudin
Original Design by Creating Website | Edited by Kompi Ajaib | Blogger by Belajar dan Berbagi