KURIKULUM 2013 TEMA 1 DIRIKU KELAS 1 SD

KURIKULUM 2013 TEMA 1 DIRIKU KELAS 1 SD
KURIKULUM 2013 TEMA 1 DIRIKU KELAS 1 SD

Assalamu 'alaikum Wr. Wb.
Baiklah, mungkin sobat masih ingat pada Postingan terdahulu kita pernah membahas tentang Metode Pengajaran Membaca dan Menulis Permulaan dan Kurikulum 2013 Tema Kelas 1 dan Kelas 4 SD. Nah.. Pada Postingan kali ini kita akan belajar bersama tentang KURIKULUM 2013 TEMA 1 DIRIKU KELAS 1 SD.

Kurikulum 2013 adalah Kurikulum yang berbasis Kompetensi. Di dalamnya dirumuskan secara terpadu Kompetensi Sikap, Pengetahuan dan Ketrampilan yang harus dikuasai oleh peserta didik. Selain itu juga dirumuskan proses penilaian yang diperlukan oleh peserta didik untuk mencapai kompetensi yang diinginkan tersebut dan tujuannya untuk kemajuan dunia pendidikan di tanah air yang kita cintai ini dalam rangka mempersiapkan generasi seratus tahun Indonesia Merdeka (2045).

Baiklah, karena sudah malam, kita mulai saja belajar bersama tentang Tema 1 Diriku Kelas 1 SD Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Sebelumnya kita harus membaca tentang Permendikbud Nomor 54 tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Pendidikan Dasar dan Menengah.
Standar Kompetensi Lulusan

Dalam Ranah Kompetensi Inti Kelas 1 SD mencakup :
  1. Kompetensi Inti 1 (KI. 1) Sikap Spiritual : Menerima dan Menjalankan Ajaran Agama Yang dianutnya.
  2. Kompetensi Inti 2 (KI. 2) Sikap Sosial : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
  3. Kompetensi Inti 3 (KI. 3) Pengetahuan : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
  4. Kompetensi Inti 4 (KI. 4) Keterampilan : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman, berakhlak mulia, dan berilmu.
Tema 1 Diriku memuat 4 (Empat) Subtema antara lain :
  1. Subtema 1 - Aku dan Teman Baruku.
  2. Subtema 2 - Tubuhku.
  3. Subtema 3 - Aku Merawat Tubuhku.
  4. Subtema 4 - Aku Istimewa.
Dari setiap Subtema tersebut masing-masing diuraikan menjadi 6 (enam) Pembelajaran dan 1 (satu) Pembelajaran dialokasikan untuk satu hari.

Demikian postingan kali ini tentang Tema 1 Diriku, kurang lebihnya mohon maaf, maklum saya juga sedang belajar heheee... semoga bermanfaat yaah. Untuk lebih jelasnya silahkan sobat baca-baca buku Guru SD/MI Kelas 1 tentang Tema 1 Diriku.
EKA IKHSANUDINEKA IKHSANUDIN
Selamat Datang di Blog Pribadi Saya Belajar dan Berbagi. Salam Persahabatan dan Salam Lestari Buana Nusantara dari Karawang, Jawa Barat, Indonesia.
Follow Me : | Google | Facebook | Twitter | Instagram | Youtube |
Terimakasih Sobat, telah berkunjung dan membaca artikel mengenai :
KURIKULUM 2013 TEMA 1 DIRIKU KELAS 1 SD
SALAM LESTARI BUANA NUSANTARA
Kampungsawah0703 - Karawang
EKA IKHSANUDIN
EKA IKHSANUDIN
EKA IKHSANUDIN
 
Support : KAMPUNGSAWAH 0703 | EkaIkhsanudin.Net
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Belajar dan Berbagi - All Rights Reserved
BELAJAR DAN BERBAGI - Eka Ikhsanudin
Original Design by Creating Website | Edited by Kompi Ajaib | Blogger by Belajar dan Berbagi