APLIKASI DAPODIKDAS PATCH V.207

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Selamat pagi sobatku semuanya, selamat pagi buat Bapak, Ibu Guru di Seluruh Indonesia serta tidak lupa selamat pagi buat rekan-rekan Operator Sekolah di Seluruh Indonesia yang sedang menunggu Patch Aplikasi Dapodikdas V.2.07  yang rencananya akan segera di release. Postingan sekarang saya juga ingin ikut-ikutan Share tentang Aplikasi Pendataan Dapodikdas.

DOWNLOAD APLIKASI DAPODIKDAS 2013 PATCH V.2.0.7 APRIL 2014


Aplikasi Pendataan Dapodikdas 2013 adalah aplikasi pendataan berbasis website yang di keluarkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dengan mempunyai tujuan mendata tingkat sekolah untuk memperoleh data secara langsung, cepat, akurat, valid, lengkap dan dapat dipertanggungjawabkan dan termutahir. Aplikasi Dapodikdas ini diisi oleh Sekolah masing-masing melalui Operator Sekolah yang ditunjuk langsung oleh Kepala Sekolah. Data dari sekolah akan digunakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Dinas Pendidikan Provinsi dan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota untuk perencanaan dan evaluasi program pendidikan.

Aplikasi Dapodikdas 2013 menggunakan Penjelajah web. Penjelajah web adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk menerima dan menyajikan sumber informasi di internet. Sebuah sumber informasi diidentifikasi dengan Pengidentifikasi Sumber Seragam (Uniform Resource Identifier (URI)) yang dapat berupa halaman web, gambar, video, atau jenis konten lainnya. Meskipun penjelajah web terutama ditujukan untuk mengakses internet, sebuah penjelajah juga dapat digunakan untuk mengakses informasi yang disediakan oleh server web dalam jaringan pribadi atau berkas pada sistem berkas. Beberapa penjelajah web yang populer adalah Google Chrome, Firefox, Internet Explorer, Opera, dan Safari.
Contoh browser free :
Mozila Firefox dan Chrome adalah salah satu media software penjelajah web yang banyak digunakan oleh Operator Sekolah, yang dapat digunakan dan diunduh secara gratis.

Kegunaan dari pendataan melalui Aplikasi Dapodikdas 2013 ini adalah untuk memperoleh data langsung  cepat, akurat, valid, lengkap dan dapat dipertanggungjawabkan dan termutahir dari sekolah yang nantinya akan digunakan untuk dasar perencanaan, evaluasi dan kebijakan nasional serta dasar bagi pemerintah pusat dan daerah untuk pemberian bantuan kepada sekolah yang antara lain mencakup program:
  1. Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dari sumber APBN.
  2. Bantuan Operasional Sekolah dari sumber APBD (BOSDA/BOSP).
  3. Rehabilitasi ruang belajar (ruang kelas, perpustakaan, laboratorium, dls).
  4. Dana Alokasi Khusus (DAK).
  5. Ruang Kelas Baru.
  6. Subsidi bagi siswa kurang mampu secara ekonomi.
  7. Bantuan Buku Sumber/Penunjang.
  8. Subsidi/tunjangan bagi guru (Tunjangan Profesi/Tunjangan Fungsional/Tunj.Khusus).
  9. Dan lain sebagainya.
Ada 3 (tiga) kelompok utama jenis data yang dikumpulkan dari sekolah, yaitu:
  1. Data Sekolah.
  2. Data Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
  3. Data Peserta Didik.
DOWNLOAD APLIKASI DAPODIKDAS 2013

Instrumen dari setiap kelompok data tersebut telah menjadi lampiran dari Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 51 Tahun 2011 Tentang Petunjuk Teknis Penggunaan Dana BOS dan Laporan Keuangan BOS Tahun 2013. Didalam Juknis BOS 2013, ketiga instrumen tersebut diberi kode BOS-01A, BOS-01B dan BOS-01C. Aplikasi Pendataan Dapodikdas telah beberapa kali update dan ganti versi terbaru, yang terakhir adalah Aplikasi Dapodikdas V. 2.0.6 yang Expired 31 Maret 2014. Nah sekarang rekan-rekan Operator Sekolah sedang menunggu Aplikasi Pendataan Dapodikdasmen yang baru. Untuk lebih lengkap dan jelas silahkan baca-baca informasi dan download aplikasi dengan Patch/Update terbaru untuk melanjutkan input data melalui alamat Website Resmi Informasi Data Pokok Pendidikan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di bawah ini :

APLIKASI DAPODIKDASMEN INSTALLER SUDAH ADA, PILIH SALAH SATU :)

Demikian, semoga bermanfaat dan mohon maaf kalau ada kesalahan dalam penulisan maupun penyajian postingan ini, mohon dikoreksi ya... terima kasih.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
EKA IKHSANUDINEKA IKHSANUDIN
Selamat Datang di Blog Pribadi Saya Belajar dan Berbagi. Salam Persahabatan dan Salam Lestari Buana Nusantara dari Karawang, Jawa Barat, Indonesia.
Follow Me : | Google | Facebook | Twitter | Instagram | Youtube |
Terimakasih Sobat, telah berkunjung dan membaca artikel mengenai :
APLIKASI DAPODIKDAS PATCH V.207
SALAM LESTARI BUANA NUSANTARA
Kampungsawah0703 - Karawang
EKA IKHSANUDIN
EKA IKHSANUDIN
EKA IKHSANUDIN
 
Support : KAMPUNGSAWAH 0703 | EkaIkhsanudin.Net
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Belajar dan Berbagi - All Rights Reserved
BELAJAR DAN BERBAGI - Eka Ikhsanudin
Original Design by Creating Website | Edited by Kompi Ajaib | Blogger by Belajar dan Berbagi