BELAJAR DAN BERBAGI
Bursa Jual Beli Mobil Bekas di Denpasar, Bali
banner

HARI POLISI WANITA KE 66

HARI POLISI WANITA KE 66

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Tahukah sobat sekalian sekarang tanggal 1 September ada peringatan apa ? ... Tepat sekali, Tanggal 1 September 2014 adalah Hari POLWAN (Polisi Wanita) Ke 66 Negara Republik Indonesia.  POLWAN di Indonesia terbentuk pada 1 September 1948, dimasa Negara Kesatuan Republik Indonesia tengah menghadapi Agresi Militer Belanda ke II. POLWAN (Polisi Wanita) adalah bagian integral dari Kepolisian Negara Republik Indonesia yang juga menjalankan fungsi-fungsi umum kepolisian seperti Intelijen keamanan, Reserse, Lalulintas, Sabhara (Pelaksana umum: pengaturan, penjagaan dan patroli), Bina Mitra dan lain-lain.
HARI POLISI WANITA KE 66, HARI POLWAN

Sejarah berdirinya POLWAN (Polisi Wanita) menurut berbagai sumber di internet adalah berawal dari Kota Bukit Tinggi, Sumatera Barat, saat pemerintah Indonesia menghadapi Agresi Belanda-II. Pemerintah Indonesia menunjuk SPN (Sekolah Polisi Negara) Bukit Tinggi untuk membuka Pendidikan Inspektur Polisi bagi kaum wanita. Setelah melalui seleksi, terpilihlah enam orang. Mereka adalah Mariana Saanin, Nelly Pauna, Rosmalina, Dahniar, Djasmainar, dan Rosnalia. Keenam gadis itu secara resmi tanggal 1 September 1948 mulai mengikuti Pendidikan Inspektur Polisi di SPN Bukit Tinggi. Sejak itu dinyatakan lahirlah polisi wanita yang akrab dipanggil polwan. 

Keenam polwan angkatan pertama tersebut juga tercatat sebagai wanita ABRI pertama di tanah air, yang kini semuanya sudah pensiun dengan rata-rata berpangkat Komisaris Besar Polisi. Tugas polwan di Indonesia terus berkembang. Tidak hanya menyangkut masalah kejahatan wanita, anak-anak dan remaja, serta narkotika dan masalah administrasi. Tetapi hampir menyamai berbagai tugas polisi laki-laki. Bahkan di penghujung tahun 1998, sudah lima polwan dipromosikan menduduki jabatan Komando (sebagai Kapolsek). Dan hingga tahun 1998, empat polwan telah dinaikkan pangkatnya menjadi perwira tinggi berbintang satu (Brigadir Jenderal Polisi.
HARI POLISI WANITA KE 66, HARI POLWAN
DIRGAHAYU POLWAN INDONESIA KE - 66
1 SEPTEMBER 1948 - 1 SEPTEMBER 2014

Demikian, semoga bermanfaat, mohon maaf kalau ada salah kata atau dalam penyajiannya.
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
EKA IKHSANUDINEKA IKHSANUDIN
Selamat Datang di Blog Pribadi Saya Belajar dan Berbagi. Salam Persahabatan dan Salam Lestari Buana Nusantara dari Karawang - Jawa Barat.
Follow Me: | +Google | Facebook | Twitter | Contact | My Music |
Terimakasih Sobat, telah berkunjung dan membaca artikel mengenai :
HARI POLISI WANITA KE 66
Share This Article :
Print PDF
.post-comment-link { visibility: hidden; }
SALAM LESTARI BUANA NUSANTARA
BLOG BUDAK KAMPUNGSAWAH
EKA IKHSANUDIN
EKA IKHSANUDIN
EKA IKHSANUDIN
Follow blog
 
Support : KAMPUNGSAWAH 0703 | BUDAK KAMPUNGSAWAH
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. BELAJAR DAN BERBAGI - All Rights Reserved
Blog Eka Ikhsanudin
Original Design by Creating Website | Edited by Kompi Ajaib | Blogger Belajar dan Berbagi