BELAJAR DAN BERBAGI
Bursa Jual Beli Mobil Bekas di Denpasar, Bali
banner

BULAN RAMADHAN YANG INDAH

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Selamat Pagi bagi Sobat Belajar dan Berbagi yang menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan di Tahun 2015 ini. Pada postingan sebelumnya saya Share tentang Postingan Ramadhan Dari Sahabat Blogger yang berisi Postingan atau Artikel tentang Ramadhan 1436 H walau belum semuanya saya Masukan karena belum menemukan lagi hehehe, kalau sudah ada pasti saya Pasang di postingan tersebut. Untuk postingan pagi hari ini adalah Bulan Ramadhan Yang Indah. Firman Alloh SWT dalam Surat Al-Baqarah Ayat 183.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya : "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa." (QS. Al Baqarah [2] : 183).

BULAN RAMADHAN YANG INDAH


Mengapa Bulan Ramadhan begitu indah ? Karena dengan menunaikan ibadah puasa di Bulan Suci Ramadhan, kita sebagai Umat Muslim akan mendapatkan keberkahan dari Alloh SWT serta akan meraih derajat yang tinggi, yaitu "TAQWA". Selain kita akan mendapatkan keberkahan dan akan meraih derajat yang tinggi, Indahnya Puasa di Bulan Suci Ramadhan antara lain sebagai berikut :

Dengan Niat yang baik serta melaksanakan puasa Ramadhan penuh selama satu bulan, kita berharap mendapatkan kasih sayang Allah SWT. Di dalam Q.S. Al-Baqarah [2]: 183, Allah SWT. telah menjanjikan bagi orang yang berpuasa dengan baik akan mendapatkan predikat "Taqwa". Apa yang di maksud dengan Taqwa ? Taqwa ialah melakukan semua perintah Allah SWT. dan menghindari semua larangan-Nya. Orang yang sungguh-sungguh bertaqwa hidupnya tenteram dan bahagia, kemudian di akhirat kelak akan memperoleh taman surga yang sangat indah dan bahagia selama-lamanya. Berpuasa yang baik, harus memahami dan mengikuti ketentuan-ketentuan dalam berpuasa. Puasa dalam bahasa Arab disebut Saum atau Siyam, artinya menahan diri dari segala sesuatu, seperti menahan makan, minum, nafsu, dan menahan berbicara yang tidak bermanfaat. Sedangkan puasa menurut ajaran Agama Islam artinya menahan diri dari hal-hal yang membatalkannya sejak terbit fajar sampai terbenam matahari, dengan niat dan beberapa syarat atau ketentuan dalam melaksanakan puasa. Apabila ketentuan-ketentuan tersebut dapat dipenuhi, puasa seseorang dapat memberi manfaat dan pasti memperoleh predikat taqwa.

Mari memperbanyak kebaikan di bulan Ramadhan. Karena Rasulullah SAW. suka berbuat kebaikan. Berikut ini adalah contoh-contoh perbuatan baik yang selalu dilakukan Beliau.

1. Shalat Tarawih berjamaah di malam hari setelah Shalat Isya.
2. Tadarus Al- Qur'an.
3. Memperbanyak sedekah.

Manfaat ibadah puasa di Bulan Ramadhan sangat banyak, di antaranya hal-hal berikut :

Ibadah puasa dan ibadah lainnya merupakan ungkapan rasa syukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT.

Di saat berpuasa, kita menahan lapar dan dahaga, mampu untuk tidak makan dan minum meskipun tidak ada yang melihat. Kita yakin bahwa Allah SWT. Maha Melihat.

Dengan berpuasa, kita dapat merasakan penderitaan orang lain. Banyak di antara mereka kelaparan dan kehausan. Sesama manusia, kita harus mengasihi dan menyayangi dengan memberikan bantuan agar mereka juga merasakan kebahagiaan.

Orang yang berpuasa akan merasakan sehat jasmani dan rohaninya. Rasulullah SAW. pernah
mengatakan: "Puasalah kamu, supaya sehat".

Ibadah puasa dapat juga membentuk sikap sabar. Sedangkan sabar adalah sikap utama untuk sukses. Contohnya, orang yang ingin sukses dan berprestasi di sekolah harus sabar dalam belajar. Ingin sukses bermain bola harus juga sabar berlatih. Ingin sukses masuk surga sekalipun harus sabar mentaati perintah Allah SWT. Jadi bagi yang ingin sukses di dunia dan akhirat harus menggunakan sikap sabar.

Demikian postingan Bulan Ramadhan Yang Indah yang dapat saya share. Tentunya masih banyak sekali keindahan-keindahan yang kita dapat ketika kita melaksanakan Ibadah Puasa selain yang tertulis di atas. Semoga bermanfaat khususnya bagi diri saya pribadi dan umumnya bagi yang tidak sengaja berkunjung ke Blog saya yang sederhana ini. Mohon maaf apabila dalam penyajiannya ada kesalahan, kekurangan, tulisan maupun kata-kata yang salah dan kurang berkenan di hati. Sekiranya bisa di betulkan lewat komentar di bawah. Marhaban Ya Ramadhan 1436 H dan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan, semoga segala Amal Ibadah selama kita berpuasa di Bulan Ramadhan ini mendapat Pahala dari Alloh SWT. Aamiin Ya Robbal alamin.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
EKA IKHSANUDINEKA IKHSANUDIN
Selamat Datang di Blog Pribadi Saya Belajar dan Berbagi. Salam Persahabatan dan Salam Lestari Buana Nusantara dari Karawang - Jawa Barat.
Follow Me: | +Google | Facebook | Twitter | Contact | My Music |
Terimakasih Sobat, telah berkunjung dan membaca artikel mengenai :
BULAN RAMADHAN YANG INDAH
Share This Article :
Print PDF
.post-comment-link { visibility: hidden; }
SALAM LESTARI BUANA NUSANTARA
BLOG BUDAK KAMPUNGSAWAH
EKA IKHSANUDIN
EKA IKHSANUDIN
EKA IKHSANUDIN
Follow blog
 
Support : KAMPUNGSAWAH 0703 | BUDAK KAMPUNGSAWAH
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. BELAJAR DAN BERBAGI - All Rights Reserved
Blog Eka Ikhsanudin
Original Design by Creating Website | Edited by Kompi Ajaib | Blogger Belajar dan Berbagi