BELAJAR DAN BERBAGI
Bursa Jual Beli Mobil Bekas di Denpasar, Bali
banner

KEGIATAN TOT PEMBELAJARAN AKTIF GURU SD

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Selamat Siang menjelang sore sobat Belajar dan Berbagi. Postingan kali ini adalah tentang Kegiatan TOT Fasilitator Daerah Pembelajaran Aktif Guru SD di Karawang. Pada Hari Senin dan Selasa, 23, 24 Oktober 2017 Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karawang mengadakan Kegiatan TOT (Training Of Trainer) Fasilitator Daerah tentang Pembelajaran Aktif untuk Jenjang Sekolah Dasar yang bertempat di Gedung Aula SMK Texmaco Karawang. Kegiatan tersebut di Buka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karawang Bapak Drs H. Dadan Sugardan, M.Pd., dan diikuti oleh 300 Peserta dari 30 Kecamatan yang berada di Wilayah Kabupaten Karawang yang masing-masing Kecamatan diwakili oleh 10 Orang Peserta Guru SD.

Kegiatan TOT Fasilitator Daerah Pembelajaran Aktif Guru SD di Karawang

Narasumber pada kegiatan TOT Fasilitator Daerah Pembelajaran Aktif Jenjang Guru Sekolah Dasar adalah Bapak Seno Muhammad Daud, Bapak Rudi Sopyana Efendi, Bapak Pribadi dan Ibu Iin Rahmawati (mohon maaf jika ada penulisan nama yang salah) yang merupakan Narasumber dari USAID PRIORITAS. Pembelajaran yang dikembangkan untuk Fasilitator Daerah Jenjang Sekolah Dasar adalah Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan atau disingkat dengan PAKEM. Disebut demikian karena pembelajaran ini dirancang agar mengaktifkan anak, mengembangkan kreativitas sehingga efektif namun tetap menyenangkan. Hal ini sejalan dengan amanat Permendiknas No 41 Tahun 2007 “Proses pembelajaran pada setiap satuan pendidikan dasar dan menengah harus interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik”.

Baca juga postingan :
PAIKEM GEMBROT
PEMBELAJARAN MODEL DISCOVERY LEARNING
PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING
MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING

Kegiatan TOT Fasilitator Daerah Pembelajaran Aktif Guru SD di Karawang

Adapun tujuan dari TOT Fasilitator Daerah Pembelajaran Aktif Jenjang Sekolah Dasar ini adalah supaya peserta mampu menyampaikan Pembelajaran aktif kepada rekan-rekan pendidik di Gugus KKG nya masing-masing, mengidentifikasi dan menyampaikan kemajuan sekolahnya sebagai dampak dari pelatihan dan pendampingan, mengidentifikasi kendala, penyebab dan upaya mengatasi dalam penerapan hasil pelatihan berikutnya, menemukan upaya ke depan agar hasil pelatihan dapat diterapkan dengan lebih baik lagi.

Baca juga postingan :
KEGIATAN YANG DIMINATI ANAK SD
KECERDASAN EMOSIONAL PADA SISWA SD
PENGELOLAAN KELAS DI SD

TOT Fasilitator Daerah Pembelajaran Aktif Jenjang Guru Sekolah Dasar

Pada pembelajaran aktif, lingkungan belajar sangat berperan dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Lingkungan tersebut dapat meningkatkan keaktifan dan efektivitas belajar anak. Itulah sebabnya, lingkungan belajar perlu ditata. Menata lingkungan belajar di kelas erat kaitannya dengan keadaan fisik kelas (suhu, cahaya, kebersihan, sirkulasi udara, pengaturan ruangan, dsb), pengelolaan dan pemanfaatan sumber belajar, sudut baca/perpustakaan kelas. Pada kegiatan ini, pembahasan akan dipusatkan pada masalah pemanfaatan berbagai sumber belajar termasuk sudut baca, pengelolaan siswa, pengelolaan perabot kelas dan pemajangan hasil karya anak.

KEGIATAN TOT PEMBELAJARAN AKTIF GURU SD DI KARAWANG

Pengelolaan pembelajaran merupakan keseluruhan proses pembelajaran mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pengorganisasian, pengendalian, sampai penilaian. Pengelolaan kelas (classroom management), yang merupakan bagian dari proses pengelolaan pembelajaran, adalah suatu kegiatan pengaturan kelas yang mengupayakan suasana kondusif agar terselenggara pembelajaran yang efektif dan efisien. Pengelolaan pembelajaran yang efektif dilakukan agar semua siswa dapat mencapai kualitas pembelajaran sesuai dengan tujuan yang ditetapkan.

Jangan lupa kunjungi juga postingan :
PENGERTIAN PENILAIAN AUTENTIK
PENILAIAN AUTENTIK DAN BELAJAR AUTENTIK
JENIS-JENIS PENILAIAN AUTENTIK

Demikian postingan kali ini, semoga bermanfaat khususnya bagi diri saya pribadi, umumnya bagi sobat yang tidak sengaja nyasar ke blog saya ini. Mohon maaf apabila ada kesalahan, kekurangan maupun kata-kata yang kurang berkenan di hati.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
EKA IKHSANUDINEKA IKHSANUDIN
Selamat Datang di Blog Pribadi Saya Belajar dan Berbagi. Salam Persahabatan dan Salam Lestari Buana Nusantara dari Karawang, Jawa Barat, Indonesia.
Follow Me : | +Google | Facebook | Twitter | Instagram | Youtube |
Terimakasih Sobat, telah berkunjung dan membaca artikel mengenai :
KEGIATAN TOT PEMBELAJARAN AKTIF GURU SD
Share This Article :
Print PDF
.post-comment-link { visibility: hidden; }
SALAM LESTARI BUANA NUSANTARA
Budak Kampungsawah 0703
EKA IKHSANUDIN
EKA IKHSANUDIN
EKA IKHSANUDIN
Follow blog
 
Support : KAMPUNGSAWAH 0703 | BUDAK KAMPUNGSAWAH
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. BELAJAR DAN BERBAGI - All Rights Reserved
Blog Eka Ikhsanudin
Original Design by Creating Website | Edited by Kompi Ajaib | Blogger Belajar dan Berbagi