FAKTOR PENENTU KEBERHASILAN KURIKULUM 2013

FAKTOR PENENTU KEBERHASILAN KURIKULUM 2013


Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Selamat beraktifitas sobat semuanya, Selamat dan sukses juga kepada rekan-rekan yang sudah Lulus menjadi CPNS berdasarkan Pengumuman Tenaga Honorer Kategori II (K2) yang dinyatakan lulus seleksi CPNS Tahun 2013. Baiklah postingan sekarang seputar Informasi tentang Kurikulum 2013. Setelah pada postingan terdahulu kita pernah membahas tentang Tema Kelas 1 dan Kelas 4 SD pada Kurikulum 2013 dan Tema 1 Diriku Kelas 1 SD Kurikulum 2013, sekarang informasi Faktor Penentu Keberhasilan Kurikulum 2013 yang di dapat di Website Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Sedikitnya ada dua faktor besar dalam ke­berhasilan Kurikulum 2013. Pertama, penen­tu, yaitu kesesuaian Kompetensi Pendidik dan Tenaga kependi­dik­an (PTK) dengan kurikulum dan buku teks. Kedua, faktor pendukung yang terdiri dari tiga unsur ;
  1. Ketersediaan buku sebagai ba­han ajar dan sumber belajar yang mengintegrasikan standar pem­bentuk kurikulum; 
  2. Penguatan peran pemerintah da­lam pembinaan dan penga­wasan; dan 
  3. Penguatan ma­naj­emen dan budaya sekolah.
FAKTOR PENENTU KEBERHASILAN KURIKULUM 2013

Berkait dengan faktor perta­ma, Kemdikbud sudah mende­sain­­ strategi penyiapan guru se­­bagaimana digambarkan pa­da skema penyiapan guru yang mel­ibatkan tim pengembang kurikulum di tingkat pusat; instruktur diklat terdiri atas unsur dinas pendidikan, dosen, widya­swara, guru inti, pengawas, ke­­pala sekolah; guru uta­ma mel­iputi guru inti, penga­was, dan kepala sekolah; dan guru mereka terdiri atas guru kelas, guru mata pelajaran SD, SMP, SMA, SMK. Pada diri guru, sedikitnya ada empat aspek yang harus di­beri perhatian khusus dalam rencana implementasi dan ke­terlaksanaan kurikulum 2013, yaitu kompetensi pedagogi; kompetensi akademik (keilmuan); kompetensi sosial; dan kompetensi manajerial atau kepemimpinan. Guru sebagai ujung tombak penerapan kurikulum, diharapkan bisa menyiapkan dan membuka diri terhadap beberapa kemung­kinan terjadinya perubahan.
FAKTOR PENENTU KEBERHASILAN KURIKULUM 2013

Kesiapan guru lebih penting­ daripada pengembangan kuri­kulum 2013. Kenapa guru menjadi penting? Karena dalam kurikulum 2013, guru bertujuan mendorong peserta didik, guru mampu lebih baik dalam melakukan observasi, bertanya, bernalar,­ dan mengkomunikasikan (mempresentasikan), terhadap apa yang mereka peroleh atau mereka ketahui setelah mene­rima materi pembelajaran. 
FAKTOR PENENTU KEBERHASILAN KURIKULUM 2013

Melalui empat tujuan itu diharapkan siswa memiliki kompetensi sikap, ketrampilan, dan pengetahuan jauh lebih baik. Mereka akan lebih kreatif, inovatif, dan lebih produktif. Disinilah guru berperan be­sar di dalam mengimplementa­sikan tiap proses pembelajaran pada kurikulum 2013. Guru ke depan dituntut tidak hanya cer­das tapi juga adaptip terhadap perubahan.

Demikian Informasi seputar Kurikulum 2013, semoga bermanfaat bagi saya sendiri khususnya, dan bagi pembaca yang sempat berkunjung di Blog ini.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Sumber : Kemdikbud RI
EKA IKHSANUDINEKA IKHSANUDIN
Selamat Datang di Blog Pribadi Saya Belajar dan Berbagi. Salam Persahabatan dan Salam Lestari Buana Nusantara dari Karawang, Jawa Barat, Indonesia.
Follow Me : | Google | Facebook | Twitter | Instagram | Youtube |
Terimakasih Sobat, telah berkunjung dan membaca artikel mengenai :
FAKTOR PENENTU KEBERHASILAN KURIKULUM 2013
SALAM LESTARI BUANA NUSANTARA
Kampungsawah0703 - Karawang
EKA IKHSANUDIN
EKA IKHSANUDIN
EKA IKHSANUDIN
 
Support : KAMPUNGSAWAH 0703 | EkaIkhsanudin.Net
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Belajar dan Berbagi - All Rights Reserved
BELAJAR DAN BERBAGI - Eka Ikhsanudin
Original Design by Creating Website | Edited by Kompi Ajaib | Blogger by Belajar dan Berbagi