ARTI LAMBANG PGRI

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Jumpa lagi sobat Belajar dan Berbagi. Setelah pada postingan sebelumnya saya posting tentang Hari Kesaktian Pancasila, walaupun HUT PGRI dan HGN (Hari Guru Nasional) masih lama, kali ini saya akan ikutan share tentang Logo dan Arti Lambang PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) yang saya dapat dari Website PB PGRI. Berdasarkan sejarah, PGRI berdiri melalui Kongres yang diadakan tanggal 25 November 1945 yaitu seratus hari setelah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Untuk itulah sebagai penghormatan kepada guru, Pemerintah Republik Indonesia dengan Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994, menetapkan Hari Lahir PGRI Tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional, dan diperingati setiap tahun.

ARTI LAMBANG PGRI

 
Bentuk:
Cakra/Lingkaran melambangkan cita-cita luhur dan daya upaya menunaikan pengabdian terus-menerus.

Ukuran, corak, dan warna:

Bidang : bagian pinggir Lingkaran berwarna merah melambangkan pengabdian yang dilandasi kemurnian dan keberanian bagi kepentingan rakyat. Warna putih dengan tulisan "Persatuan Guru Republik Indonesia" melambangkan pengabdian yang dilandasi kesucian dan kasih sayang. Panduan warna pinggir merah-putih melambangkan pengabdian kepada negara, bangsa dan tanah air Indonesia.

Baca juga : Logo HUT Ke-77 PGRI dan HGN Tahun 2022

Suluh berdiri tegak bercorak 4 garis tegak dan datar berwarna kuning melambangkan fungsi guru (pada pendidikan pra-sekolah, dasar, menengah dan perguruan tinggi) dengan hakikat tugas pengabdian guru sebagai pendidik yang besar dan luhur.

Nyala Api dengan 5 sinar warna merah melambangkan arti ideologi Pancasila dan arti teknis yakni sasaran budi pekerti, cipta, rasa, karsa dan karya generasi.

Empat buku mengapit suluh,

Dengan posisi 2 datar dan 2 tegak (simetris) dengan warna corak putih melambangkan sumber ilmu yang menyangkut nilai-nilai moral, pengetahuan, keterampilan dan akhlak bagi tingkatan lembaga-lembaga pendidikan pra-sekolah, dasar, menengah dan tinggi.

Warna dasar tengah hijau,
melambangkan kemakmuran generasi.

Sumber : http://pgri.or.id

Jangan lupa kunjungi juga postingan :
1. Lirik Lagu Mars PGRI
2. Sejarah Singkat PGRI
3. Contoh Proposal HUT PGRI dan HGN
4. Lirik Mars GERMAS

Demikian postingan tentang Logo dan Arti Lambang PGRI. Semoga bermanfaat. Mohon maaf apabila ada kesalahan, kekurangan mapun kata-kata yang kurang berkenan.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
EKA IKHSANUDINEKA IKHSANUDIN
Selamat Datang di Blog Pribadi Saya Belajar dan Berbagi. Salam Persahabatan dan Salam Lestari Buana Nusantara dari Karawang, Jawa Barat, Indonesia.
Follow Me : | Google | Facebook | Twitter | Instagram | Youtube |
Terimakasih Sobat, telah berkunjung dan membaca artikel mengenai :
ARTI LAMBANG PGRI
SALAM LESTARI BUANA NUSANTARA
Kampungsawah0703 - Karawang
EKA IKHSANUDIN
EKA IKHSANUDIN
EKA IKHSANUDIN
 
Support : KAMPUNGSAWAH 0703 | EkaIkhsanudin.Net
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Belajar dan Berbagi - All Rights Reserved
BELAJAR DAN BERBAGI - Eka Ikhsanudin
Original Design by Creating Website | Edited by Kompi Ajaib | Blogger by Belajar dan Berbagi