Belajar Konsep Literasi Membaca Dan Numerasi

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Selamat pagi sobat Belajar dan Berbagi. Setelah pada postingan sebelumnya saya share tentang Bimtek Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum untuk tingkat SD Angkatan 10 yang sedang saya ikuti sebagai peserta dari hari Kamis, 18 Februari 2021 sampai Senin, 22 Februari 2021. Postingan kali ini saya akan share sedikit tentang Materi Belajar Konsep Literasi Membaca Dan Konsep Numerasi pada Bimtek Guru Belajar seri Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) tingkat SD Angkatan 10 yang sedang saya ikuti. Dari materi Bimtek yang sudah saya baca, bahwa Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua siswa untuk membantu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat. Terdapat 2 (dua) Kompetensi mendasar yang diukur pada AKM (Asesmen Kompetensi Minimum), yaitu Literasi Membaca dan Numerasi.

Belajar Konsep Literasi Membaca Dan Numerasi


1. Konsep Literasi Membaca
Literasi membaca termasuk dalam kompetensi yang paling mendasar yang ingin dievaluasi dalam Asesmen Kompetensi Minimum. Literasi baca dan tulis adalah pengetahuan dan kecakapan untuk membaca, menulis, mencari, menelusuri, mengolah, dan memahami informasi untuk menganalisis, menanggapi, dan menggunakan teks tertulis untuk mencapai tujuan, mengembangkan pemahaman dan potensi, serta untuk berpartisipasi di lingkungan sosial.

Literasi membaca dan menulis, perlu dikembangkan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih bermakna terkait berbagai cakupan dan konteks kehidupan. Di dalam lingkungan satuan pendidikan, kompetensi literasi yang terus berkembang memungkinkan siswa untuk dapat menggunakannya dalam berbagai mata pelajaran.

Dalam penilaiannya asesmen literasi membaca tidak hanya mengukur topik atau konten tertentu, akan tetapi berbagai konten, berbagai konteks dan pada beberapa tingkat proses kognitif. Konten pada literasi membaca menunjukan jenis teks yang digunakan, dalam hal ini dibedakan dalam 2 (dua) kelompok yaitu Teks Informasi dan Teks Fiksi. Kemudian, tingkat proses kognitif menunjukan proses berpikir yang dituntut atau diperlukan untuk dapat menyelesaikan masalah atau soal. Pada Literasi Membaca, level tersebut adalah menemukan informasi, interpretasi dan integrasi serta evaluasi dan refleksi. Sedangkan konteks menunjukan aspek kehidupan atau situasi untuk konten yang digunakan. Konteks pada Asesmen Kompetensi Minimum dibedakan menjadi 3 (tiga), yaitu personal, sosial budaya dan saintifik.

Video Konsep Literasi Membaca

2. Konsep Numerasi
Numerasi termasuk dalam kompetensi yang paling mendasar yang ingin dievaluasi dalam Asesmen Kompetensi Minimum. Numerasi merupakan suatu kompetensi yang mencakup pengetahuan, keterampilan, perilaku, dan disposisi yang dibutuhkan siswa untuk menggunakan matematika dalam cakupan dan situasi yang lebih luas. Numerasi menuntut siswa untuk mengenali dan memahami peran matematika di dunia, memiliki disposisi dan kapasitas untuk menggunakan pengetahuan dan keterampilan matematika untuk memecahkan masalah dalam kehidupan nyata.

Secara umum kompetensi numerasi ditandai dengan kemampuan seseorang untuk bernalar, mengambil keputusan yang tepat, dan memecahkan masalah. Kemampuan ini dalam penerapannya terkait dengan mata pelajaran lain yang siswa pelajari. Pada jenjang SD/MI terdapat 3 level pembelajaran. Pada level 1 terdapat 3 konten yang dipelajari yakni, bilangan, geometri dan pengukuran serta aljabar. Sedangkan pada level 2-3 terdapat 4 konten yakni, bilangan, geometri dan pengukuran, aljabar, dan data dan ketidakpastian.

Pada level pembelajaran 1 untuk kelas 2, siswa akan belajar merepresentasi, mengurutkan dan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan. Siswa akan mengenal bangun geometri dan pengukurannya. Selain itu siswa juga akan mempelajari persamaan dan pertidaksamaan bilangan serta relasi dan fungsi bilangan.

Pada level pembelajaran 2 untuk kelas 4, siswa akan belajar merepresentasi, mengurutkan dan operasi penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian dengan bilangan bulat ataupun desimal. Siswa akan mengenal bangun geometri dan pengukurannya. Selain itu siswa juga akan mempelajari persamaan dan pertidaksamaan bilangan, relasi dan fungsi bilangan, juga rasio dan proporsi. Pada level ini siswa juga akan mempelajari data dengan representasinya serta ketidakpastian dan peluang.

Pada level pembelajaran 3 untuk kelas 6, siswa akan belajar merepresentasi, mengurutkan dan operasi penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian dengan bilangan bulat ataupun desimal. Siswa akan mengenal bangun geometri dan pengukurannya. Selain itu siswa juga akan mempelajari persamaan dan pertidaksamaan bilangan, relasi dan fungsi bilangan, juga rasio dan proporsi. Pada level ini siswa juga akan mempelajari data dengan representasinya.

Video Konsep Numerasi

Demikian postingan singkat tentang Materi Belajar Konsep Literasi Membaca Dan Konsep Numerasi pada Bimtek Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum tingkat SD Angkatan 10 yang sedang saya ikuti sebagai peserta. Mohon maaf apabila ada kesalahan, kekurangan maupun tulisan yang salah serta kurang berkenan. Semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
EKA IKHSANUDINEKA IKHSANUDIN
Selamat Datang di Blog Pribadi Saya Belajar dan Berbagi. Salam Persahabatan dan Salam Lestari Buana Nusantara dari Karawang, Jawa Barat, Indonesia.
Follow Me : | Google | Facebook | Twitter | Instagram | Youtube |
Terimakasih Sobat, telah berkunjung dan membaca artikel mengenai :
Belajar Konsep Literasi Membaca Dan Numerasi
SALAM LESTARI BUANA NUSANTARA
Kampungsawah0703 - Karawang
EKA IKHSANUDIN
EKA IKHSANUDIN
EKA IKHSANUDIN
 
Support : KAMPUNGSAWAH 0703 | EkaIkhsanudin.Net
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Belajar dan Berbagi - All Rights Reserved
BELAJAR DAN BERBAGI - Eka Ikhsanudin
Original Design by Creating Website | Edited by Kompi Ajaib | Blogger by Belajar dan Berbagi