HUT Ke - 53 ASEAN Tahun 2020

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Sebentar lagi hari Sabtu, 8 Agustus 2020 ASEAN akan memperingati Hari Ulang Tahun yang Ke - 53 di tahun 2020 ini. Apa itu ASEAN? ASEAN adalah singkatan dari Association of Southeast Asian Nations. Dalam bahasa Indonesia, bisa diterjemahkan sebagai Asosiasi Negara-negara Asia Tenggara atau Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara. Dan tanggal 8 Agustus setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Ulang Tahun ASEAN. Kebetulan sekali pada pembelajaran Kelas VI SD (Sekolah Dasar) Tema 1 Selamatkan Mahluk Hidup, Subtema 1 Tumbuhan Sahabatku pada Pembelajaran 1 halaman 7 sampai halaman 15 membahas tentang Negara-Negara ASEAN. Jadi sekalian saja saya posting tentang HUT Ke - 53 ASEAN Tahun 2020.


HUT Ke - 53 ASEAN Tahun 2020

ASEAN dibentuk tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand oleh lima negara pendiri, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand melalui penandatanganan Deklarasi Bangkok. Negara-negara anggota ASEAN, berdasarkan tanggal menjadi anggota, adalah Indonesia (8 Agustus 1967); Malaysia (8 Agustus 1967); Singapura (8 Agustus 1967); Thailand (8 Agustus 1967); Filipina (8 Agustus 1967); Brunei Darussalam (8 Januari 1984); Vietnam (28 Juli 1995); Laos (23 Juli 1997); Myanmar (23 Juli 1997); Kamboja (30 April 1999). Adanya keinginan kuat dari para pendiri ASEAN untuk menciptakan kawasan Asia Tenggara yang damai, aman, stabil dan sejahtera. Hal tersebut mengemuka karena situasi di kawasan pada era 1960-an dihadapkan pada situasi rawan konflik, yaitu perebutan pengaruh ideologi negara-negara besar dan konflik antar negara di kawasan yang apabila dibiarkan dapat mengganggu stabilitas kawasan sehingga menghambat pembangunan.


Bendera Negara Anggota ASEAN

Tokoh-tokoh pencetus Deklarasi Bangkok berdirinya Organisasi ASEAN pada tahun 1967 terdiri dari 5 (lima) negara yang pertama menjadi anggota ASEAN, yaitu :
  1. Indonesia diwakili oleh Adam Malik.
  2. Malaysia diwakili oleh Tun Abdul Razak.
  3. Thailand diwakili oleh Thanat Khoman.
  4. Singapura diwakili oleh S. Rajaratnam.
  5. Filipina diwakili oleh Narciso R. Ramos.

Bendera ASEAN
Gambar Bendera ASEAN
Sumber : http://setnas-asean.id

Bendera ASEAN melambangkan ASEAN yang stabil, penuh perdamaian, bersatu, dan dinamis. Adapun Arti Bendera ASEAN adalah :
  • Ikatan rumpun padi melambangkan harapan para tokoh pendiri ASEAN agar asosiasi ini secara bersama-sama terikat dalam persahabatan dan kesetiakawanan sosial.
  • Lingkaran melambangkan kesatuan ASEAN.
  • Warna Biru melambangkan perdamaian dan stabilitas.
  • Warna Merah melambangkan semangat dan kedinamisan.
  • Warna Putih melambangkan kesucian.
  • Warna Kuning melambangkan kemakmuran.
Semboyan ASEAN yaitu One Vision, One Identity, One Community (Satu Visi, Satu Identitas, Satu Masyarakat). Hymne ASEAN (ASEAN Anthem) ialah The ASEAN Way yang diciptakan oleh Payom Valaiphatchra dan musiknya oleh Kittikhun Sodpraset dan Sampow Triudom. Ketiganya berkebangsaan Thailand. Lagu ini dipilih melalui kompetisi yang diikuti oleh peserta dari 10 negara anggota ASEAN tahun 2008. Lagu "The ASEAN Way" dapat diunduh di situs ASEAN Secretariat pada : http://www.asean.org/asean/about-asean/asean-anthem.

53rd ASEAN Day

Sumber : http://setnas-asean.id, https://asean.org

Blogger Belajar dan Berbagi
Mengucapkan
Selamat Ulang Tahun Ke - 53 ASEAN
8 Agustus 1967 - 8 Agustus 2020


Demikian postingan kali ini. Mohon maaf apabila ada kesalahan ataupun kekurangan dalam penulisan maupun penyajian postingan ini. Semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
EKA IKHSANUDINEKA IKHSANUDIN
Selamat Datang di Blog Pribadi Saya Belajar dan Berbagi. Salam Persahabatan dan Salam Lestari Buana Nusantara dari Karawang, Jawa Barat, Indonesia.
Follow Me : | Google | Facebook | Twitter | Instagram | Youtube |
Terimakasih Sobat, telah berkunjung dan membaca artikel mengenai :
HUT Ke - 53 ASEAN Tahun 2020
SALAM LESTARI BUANA NUSANTARA
Budak Kampungsawah0703 - Karawang
EKA IKHSANUDIN
EKA IKHSANUDIN
EKA IKHSANUDIN
 
Support : KAMPUNGSAWAH 0703 | EkaIkhsanudin.Net
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Belajar dan Berbagi - All Rights Reserved
BELAJAR DAN BERBAGI - Eka Ikhsanudin
Original Design by Creating Website | Edited by Kompi Ajaib | Blogger by Belajar dan Berbagi