BELAJAR DAN BERBAGI
Bursa Jual Beli Mobil Bekas di Denpasar, Bali
banner

MAKNA DAN FUNGSI PENDIDIKAN DASAR

MAKNA DAN FUNGSI PENDIDIKAN DASAR

Bagi seorang Guru SD (Sekolah Dasar), dunia anak SD bukan merupakan hal yang asing. Bagaimana para siswa bercerita, bermain, dan beraktifitas, merupakan pemandangan sehari-hari bagi Guru SD seperti saya. Karakteristik serta cara membimbing, mengelola dan cara mengasuhnya pun mungkin berbeda dengan siswa yang tingkatannya lebih tinggi. Sehingga diperlukan kiat-kiat untuk menangani siswa pada usia Pendidikan Sekolah Dasar tersebut. Setelah beberapa waktu yang lalu, saya membahas tentang Tujuan Pendidikan Sekolah Dasar, untuk postingan kali ini saya akan membahas tentang MAKNA DAN FUNGSI PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR.

Sejak dilaksanakannya Program wajib belajar 9 tahun, fungsi Pendidikan SD telah mengalami perubahan yang mendasar. Pendidikan SD tidak menjalankan fungsi terminal, melainkan menjalankan fungsi transisional. Artinya, bagi setiap anak usia sekolah (6 - 13 tahun ), menamatkan pendidikan di SD bukan lagi sebagai kondisi akhir dari pendidikan formal yang diharapkan, melainkan sebagai tujuan antara karena setelah itu semua pihak harus membantu individu tamatan SD untuk melanjutkan pendidikan di SMP/SLTP/sederajat. Sebagai konsekuensi dari perubahan fungsi pendidikan SD ini maka aspek-aspek sistemik lainnya dalam pendidikan SD akan mengalami perubahan yang sangat mendasar.

Fungsi yang sangat mendasar dan menonjol dari pendidikan SD adalah :
Fungsi educatif, daripada fungsi pengajaran, dimana upaya bimbingan dan pembelajaran diorientasikan pada pembentukan landasan kepribadian yang kuat. Fungsi ini diwujudkan dengan modeling, yaitu memberikan contoh konkret dan keteladanan perilaku yang etis, normatif dan bertanggungjawab dalam setiap berinteraksi dengan siswa. Fungsi pengembangan dan peningkatan,merupakan penjabaran dari fungsi educatif yang harus dilaksanakan secara sistematis dan berkesinambungan. Fungsi ini dirujuk pada upaya optimalisasi potensi siswa melalui penciptaan pembelajaran yang kondusif, yaitu lingkungan interaksi yang sehat dan memberikan kemudahan kepada siswa untuk melaksanakan tugas-tugas perkembangannya sesuai dengan sistem nilai yang berlaku dimana dia hidup.

Umar Tirtaraharja dan La Sula (1995) mengemukakan fungsi pendidikan sebagai berikut :

Proses transpormasi budaya, yaitu pendidikan berfungsi untuk mewariskan budaya dari generasi ke generasi berikutnya. Misalnya : Adat istiadat, nilai-nilai baru yang dipandang sesuai dengan perkembangan masyarakat. Proses pembentukan pribadi, yaitu pendidikan merupakan upaya yang sistematis untuk membentuk dan meningkatkan kualitas kepribadian individu, serta membentuk karakteristik kepribadian yang kreatif, mandiri, tanggungjawab, ulet dan tekun.
Proses penyiapan Warga Negara, yaitu pendidikan berfungsi untuk membentuk siswa agar menjadi warga negara yang baik, sesuai dengan tujuan dan falsafah Bangsa, mengetahui dan mampu menjalankan kewajibannya sebagai Warga Negara sesuai dengan perundang-undangan dan hukum yang berlaku.
Proses penyiapan tenaga kerja, yaitu pendidikan berupaya memberi berbagai kemampuan, sikap serta ketrampilan kepada siswa untuk menjadi manusia yang produktif bagi kehidupan dirinya sendiri, keluarga, masyarakat dan bangsanya.

Fungsi Pendidikan SD harus mengacu pada Fungsi pendidikan nasional yang intinya mengembangkan kemampuan dan meningkatkan mutu kehidupan, harkat dan martabat manusia dan masyarakat Indonesia dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Program Pendidikan di SD lebih memperhatikan tingkat perkembangan kognitif (pengetahuan) dan afektif (Perilaku) siswa, serta didukung oleh psikomotor (ketrampilan) siswa sehingga pendidikan yang diberikan kepada siswa menjadi lebih bermakna.
EKA IKHSANUDINEKA IKHSANUDIN
Selamat Datang di Blog Pribadi Saya Belajar dan Berbagi. Salam Persahabatan dan Salam Lestari Buana Nusantara dari Karawang - Jawa Barat.
Follow Me: | +Google | Facebook | Twitter | Contact | My Music |
Terimakasih Sobat, telah berkunjung dan membaca artikel mengenai :
MAKNA DAN FUNGSI PENDIDIKAN DASAR
Share This Article :
Print PDF
.post-comment-link { visibility: hidden; }
SALAM LESTARI BUANA NUSANTARA
BLOG BUDAK KAMPUNGSAWAH
EKA IKHSANUDIN
EKA IKHSANUDIN
EKA IKHSANUDIN
Follow blog
 
Support : KAMPUNGSAWAH 0703 | BUDAK KAMPUNGSAWAH
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. BELAJAR DAN BERBAGI - All Rights Reserved
Blog Eka Ikhsanudin
Original Design by Creating Website | Edited by Kompi Ajaib | Blogger Belajar dan Berbagi