BELAJAR DAN BERBAGI
Bursa Jual Beli Mobil Bekas di Denpasar, Bali
banner

KEGIATAN YANG DIMINATI ANAK SD

KEGIATAN YANG DIMINATI ANAK SD

Dengan semakin meluasnya lingkungan anak SD maka semakin bervariasi minat anak. Ada berbagai kegiatan yang diminati anak, diantaranya sebagai berikut :

Seorang anak yang dipilih menjadi pemimpin kelompoknya, biasanya bukan hanya disukai saja, tetapi karena ia memiliki kualitas yang memang diharapkan kelompoknya. Anak yang dipilih kelompoknya tentu saja dia banyak meluangkan waktu di kelompoknya.

Yaitu kegiatan membuat sesuatu, misalnya membuat bangunan dari balok-balok atau melukis. Pada beberpa anak, kegiatan melukis semakin lama semakin kurang populer karena anak lebih berminat pada hal-hal yang berkaitan dengan interaksi kelompok.

Kegiatan ini umumnya dilakukan untuk memuaskan rasa ingin tahu. Sebetulnya kegiatan ini sudah diminati anak sejak kecil. Perbedaannya anak SD umumnya lebih menyukai pada hal-hal yang ada di lingkungan sekitar sekolah dan lingkungan sekitar rumahnya. Kegiatan ini akan sangat baik jika ditingkatkan di lingkungan sekolah, misalnya melalui pelajaran atau kegiatan kepramukaan.

Anak-anak akan mengumpulkan benda-benda yang menarik perhatiannya dan kelompoknya. Benda-benda yang dikumpulkan semakin lama semakin selektif, khususnya pada hal-hal yang disukainya, yang mungkin saja berbeda dengan teman-temannya.

Pada usia Sekolah Dasar (SD), anak-anak lebih menyukai permainan yang penuh tantangan, kompetitif dan tertuju pada ketrampilan tertentu. Misalnya permainan Video Game, Play station, Game Online dan sebagainya. Dengan menjamur nya Persewaan Video Game, Play station, dan Game Online di berbagai tempat membuat anak-anak dari seluruh lapisan masyarakat dapat menikmatinya.

Kegiatan seperti membaca buku atau komik, mendengarkan radio, bahkan menonton televisi pun masih digemari anak-anak usia SD. Apalagi kalau kegiatan berjalan-jalan ke tempat rekreasi, selain menambah pengetahuan anak, juga sebagai kegiatan refresing dari kegiatan-kegiatan pembelajaran di sekolah.

Minat banyak kaitannya dengan motivasi, karena minat merupakan dorongan dalam diri seseorang atau faktor yang menimbulkan ketertarikan atau perhatian secara selektif, yang menyebabkan dipilihnya suatu subyek atau kegiatan yang menguntungkan, menyenangkan yang lama kelamaan akan mendatangkan kepuasan.
Minat seseorang timbul melalui proses belajar, tampaknya pertumbuhan minat dalam diri seseorang juga tidak hanya bergantung pada faktor dalam diri (fisik dan mental), tetapi juga pengaruh dari lingkungan. Hal ini dapat dilihat bagaimana peran keluarga, teman, guru, masyarakat dan budaya mempengaruhi tumbuhnya minat seseorang pada suatu hal.
Dari berbagai Sumber di Google
EKA IKHSANUDINEKA IKHSANUDIN
Selamat Datang di Blog Pribadi Saya Belajar dan Berbagi. Salam Persahabatan dan Salam Lestari Buana Nusantara dari Karawang - Jawa Barat.
Follow Me: | +Google | Facebook | Twitter | Contact | My Music |
Terimakasih Sobat, telah berkunjung dan membaca artikel mengenai :
KEGIATAN YANG DIMINATI ANAK SD
Share This Article :
Print PDF
.post-comment-link { visibility: hidden; }
SALAM LESTARI BUANA NUSANTARA
BLOG BUDAK KAMPUNGSAWAH
EKA IKHSANUDIN
EKA IKHSANUDIN
EKA IKHSANUDIN
Follow blog
 
Support : KAMPUNGSAWAH 0703 | BUDAK KAMPUNGSAWAH
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. BELAJAR DAN BERBAGI - All Rights Reserved
Blog Eka Ikhsanudin
Original Design by Creating Website | Edited by Kompi Ajaib | Blogger Belajar dan Berbagi