BELAJAR DAN BERBAGI
Bursa Jual Beli Mobil Bekas di Denpasar, Bali
banner

RENCANA DAN PELAKSANAAN PTK

RENCANA DAN PELAKSANAAN PTK

Assalamu 'alaikum wr. wb.
Baiklah setelah kemarin kita membahas tentang Pengertian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Karakteristik PTK, masih seputar Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sekarang kita akan membahas tentang Rencana dan Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Merencanakan suatu kegiatan merupakan aktifitas sehari-hari bagi setiap orang yang hidup secara teratur. Rencana juga merupakan satu kebutuhan pokok dalam melaksanakan setiap kegiatan. Meskipun membuat rencana, seperti membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan kegiatan rutin, namun ada kalanya rencana harus dibuat secara khusus, lebih-lebih jika ada keperluan (kebutuhan) khusus untuk melakukan kegiatan. Misalnya, Kita ingin memecahkan masalah yang kita hadapi dengan cara melakukan Penelitian Tindakan Kelas. atau sekolah ingin menyelenggarakan satu kegiatan karyawisata pada akhir tahun.

Langkah merencakanan merupakan langkah pertama dalam setiap kegiatan, Tanpa rencana, kegiatan yang kita lakukan tidak akan terarah atau sering disebut "Ngawur" atau sembarangan. Rencana akan menjadi acuan dalam melaksanakan tindakan. Melakukan Tindakan sebagai langkah kedua merupakan realisasi dari rencana yang kita buat. Tanpa tindakan, rencana merupakan angan-angan yang tidak pernah menjadi kenyataan. selanjutnya, agar tindakan yang kita lakukan dapat kita ketahui kualitasnya (misalnya apakah sudah sesuai dengan rencana), kita perlu melakukan pengamatan. Berdasarkan pengamatan ini kita dapat menentukan apakah ada hal-hal yang harus diperbaiki agar tindakan dapat mencapai tujuan yang kita inginkan. Jika pengamatan dilakukan selama proses tindakan berlangsung, maka Refleksi sebagai langkah keempat kita lakukan sebagai tindakan terakhir. Kita akan mencoba melihat/merenungkan kembali apa yang telah kita lakukan dan dampaknya bagi proses belajar siswa. Yang lebih penting pula kita akan merenungkan alasan kita melakukan satu tindakan dikaitkan dengan dampaknya. Dengan cara ini kita akan dapat mengenal kekuatan dan kelemahan dari tindakan yang kita lakukan.

Sambil istirahat sejenak kita minum kopi dulu sobat hehehehe..., dah dingin nih kopinya .... :). Keempat tahap tersebut merupakan satu siklus atau daur ulang, oleh karena itu, setiap tahap akan berulang kembali. setiap tahap dapat terdiri dari atau didahului oleh beberapa langkah, misalnya langkah merencanakan didahului oleh munculnya identifikasi oleh guru. Dalam merencanakan dan melakukan tindakan biasanya dengan/melalui empat langkah utama, antara lain :
  1. Mengidentifikasi masalah,
  2. Menganilisis dan merumuskan masalah,
  3. Merencanakan Penelitian Tindakan Kelas, dan
  4. Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas.
Keempat langkah tersebut merupakan langkah berurutan, artinya langkah pertama harus dikerjakan lebih dahulu. sebelum langkah kedua dilaksanakan, demikian seterusnya. Langkah pertama dan kedua merupakan bagian awal dari perencanaan perbaikan, sedangkan langkah yang ketiga merupakan prasyarat untuk langkah yang keempat. Tiga langkah pertama dapat dibandingkan dengan empat langkah dari Mills (2000), yaitu : (1) mengidentifikasi satu bidang yang menjadi perhatian kita, (2) mengumpulkan data, (3) menganalisis dan menginterprestasi data, (4) mengembangkan suatu rencana tindakan.
Untuk sementara sampai sini dulu ya sobat, berhubung Kopinya dah abis, cemilannya juga dah tinggal piringnya doang xixiiii..... kita lanjut nanti lagi belajar bersamanya.
Sekian dan...
Wassalamu 'alaikum wr. wb.
EKA IKHSANUDINEKA IKHSANUDIN
Selamat Datang di Blog Pribadi Saya Belajar dan Berbagi. Salam Persahabatan dan Salam Lestari Buana Nusantara dari Karawang - Jawa Barat.
Follow Me: | +Google | Facebook | Twitter | Contact | My Music |
Terimakasih Sobat, telah berkunjung dan membaca artikel mengenai :
RENCANA DAN PELAKSANAAN PTK
Share This Article :
Print PDF
.post-comment-link { visibility: hidden; }
SALAM LESTARI BUANA NUSANTARA
BLOG BUDAK KAMPUNGSAWAH
EKA IKHSANUDIN
EKA IKHSANUDIN
EKA IKHSANUDIN
Follow blog
 
Support : KAMPUNGSAWAH 0703 | BUDAK KAMPUNGSAWAH
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. BELAJAR DAN BERBAGI - All Rights Reserved
Blog Eka Ikhsanudin
Original Design by Creating Website | Edited by Kompi Ajaib | Blogger Belajar dan Berbagi