BELAJAR DAN BERBAGI
Bursa Jual Beli Mobil Bekas di Denpasar, Bali
banner

SELAMAT HARI PANCASILA 1 JUNI 2015

HARI PANCASILA 1 JUNI
SELAMAT HARI PANCASILA 1 JUNI 2015


Pancasila oleh Ir. Soekarno dikemukakan pada tanggal 1 Juni 1945 dalam pidato spontannya di Rapat Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia yang kemudian dikenal dengan judul "Lahirnya Pancasila". Soekarno mengemukakan dasar-dasar sebagai berikut: Kebangsaan; Internasionalisme; Mufakat, dasar perwakilan, dasar permusyawaratan; Kesejahteraan; Ketuhanan. Nama Pancasila itu diucapkan oleh Soekarno dalam pidatonya pada tanggal 1 Juni itu, kata beliau :

"Sekarang banyaknya prinsip: Kebangsaan, Internasionalisme, Mufakat, Kesejahteraan, dan Ketuhanan, lima bilangannya. Namanya bukan Panca Dharma, tetapi saya namakan ini dengan petunjuk seorang teman kita ahli bahasa - namanya ialah Pancasila. Sila artinya azas atau dasar, dan di atas kelima dasar itulah kita mendirikan Negara Indonesia, kekal dan abadi."

Pancasila sebagai Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia ditetapkan pada tanggal 18 Agustus 1945. Sebagai dasar negara, maka nilai-nilai kehidupan bernegara dan berpemerintahan sejak saat itu haruslah berdasarkan pada Pancasila. Namun berdasarkan kenyataan, nilai-nilai yang ada dalam Pancasila tersebut telah dipraktekan oleh Nenek Moyang Bangsa Indonesia, dan kita teruskan sampai sekarang.
Nilai-nilai yang terkandung pada Pancasila  dijadikan dasar dan pedoman dalam mengatur tata kehidupan bernegara seperti yang diatur oleh UUD 1945. Sebagai Dasar Negara, Pancasila merupakan sumber dari segala sumber hukum yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ini berarti bahwa semua nilai dari kelima sila tersebut telah dipraktekan dalam kehidupan rakyat Indonesia sejak zaman nenek moyang. Rumusan Pancasila yang dijadikan Dasar Negara Indonesia seperti tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 adalah :
  1. Ketuhanan Yang Maha Esa.
  2. Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab.
  3. Persatuan Indonesia.
  4. Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/Perwakilan.
  5. Keadilan Sosial Bagi seluruh Rakyat Indonesia.
Kelima Sila tersebut sebagai satu kesatuan nilai kehidupan masyarakat Indonesia oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) dijadikan Dasar Negara Republik Indonesia. Dasar tersebut di atas adalah Kuat kokoh karena digali dan dirumuskan dari nilai-nilai kehidupan bangsa kita. Karena itulah Pancasila disepakati secara nasional, maka ia merupakan suatu perjanjian luhur yang harus dipatuhi tanpa kecuali, oleh Pemerintah dan Seluruh Rakyat Indonesia. Itu pulalah bentuk dan corak masyarakat yang hendak kita capai atau wujudkan, yaitu Masyarakat Indonesia Modern, yang berlandaskan Pancasila.

SELAMAT MEMPERINGATI
HARI PANCASILA 1 JUNI 2015
BAGIMU NEGERI, JIWA RAGA KAMI
NKRI HARGA MATI.
    Diambil berbagai sumber di google
    EKA IKHSANUDINEKA IKHSANUDIN
    Selamat Datang di Blog Pribadi Saya Belajar dan Berbagi. Salam Persahabatan dan Salam Lestari Buana Nusantara dari Karawang - Jawa Barat.
    Follow Me: | +Google | Facebook | Twitter | Contact | My Music |
    Terimakasih Sobat, telah berkunjung dan membaca artikel mengenai :
    SELAMAT HARI PANCASILA 1 JUNI 2015
    Share This Article :
    Print PDF
    .post-comment-link { visibility: hidden; }
    SALAM LESTARI BUANA NUSANTARA
    BLOG BUDAK KAMPUNGSAWAH
    EKA IKHSANUDIN
    EKA IKHSANUDIN
    EKA IKHSANUDIN
    Follow blog
     
    Support : KAMPUNGSAWAH 0703 | BUDAK KAMPUNGSAWAH
    Proudly powered by Blogger
    Copyright © 2011. BELAJAR DAN BERBAGI - All Rights Reserved
    Blog Eka Ikhsanudin
    Original Design by Creating Website | Edited by Kompi Ajaib | Blogger Belajar dan Berbagi