Kelas 6 SD Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 1

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Sudah lama rasanya tidak menulis postingan. Maklum lagi kena sindrom males ngeblog hehe. Tapi insyaallah di waktu-waktu yang akan datang saya mencoba aktif menulis di blog Belajar dan Berbagi ini. Baiklah kali ini saya kan share tentang Pembelajaran Kelas 6 SD Kurikulum 2013 Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera, Subtema 1 Masyarakat Peduli Lingkungan, Pembelajaran 1. Selain itu saya share juga Link Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum 2013 Kelas VI SD untuk Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera. Semoga postingan ini sedikit membantu bagi Rekan-Rekan sejawat serta Adek-Adek untuk belajar di rumah. Apalagi sekarang masih dalam suasana Pandemi Covid-19 serta masih belajar dengan sistem Daring (Online).

Kelas 6 SD Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 1

Bagaimana kepedulianmu terhadap lingkungan yang ada di sekitar tempat tinggalmu? Pastinya kamu sudah peduli dengan lingkungan sekitarnya. Kamu adalah bagian dari masyarakat. Banyak kegiatan yang dapat kamu lakukan untuk peduli terhadap lingkungan. Kegiatan berkaitan dengan kepedulian terhadap lingkungan merupakan bentuk pelaksanaan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam mengisi kemerdekaan.
 
 
Lingkungan mempengaruhi kesejahteraan masyarakatnya. Oleh karena itu, masyarakat diharapkan peduli terhadap lingkungan supaya sejahtera. Bagaimana kepedulianmu terhadap lingkungan? Mari berkegiatan dan belajar melalui Subtema Masyarakat Peduli Lingkungan ini. Amatilah beberapa gambar di bawah ini tentang kegiatan warga masyarakat!
 
Kelas 6 SD Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 1

Setelah mengamati gambar di atas, coba kemudian jawab pertanyaan berikut ini !
  1. Apa saja kegiatan masyarakat yang ditunjukkan pada gambar di atas ?
  2. Mengapa warga masyarakat melakukan kegiatan seperti pada gambar?
  3. Apa saja kewajibanmu sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari? 
  4. Bagaimana cara menunjukkan kepedulianmu terhadap lingkungan?
Sebagai warga negara Indonesia yang baik kita harus peduli terhadap lingkungan. Misalnya, ikut membantu membersihkan lingkungan, menjaga keamanan lingkungan, dan mematuhi peraturan yang ada di lingkungan. Apakah kamu sudah mematuhi peraturan yang ada di lingkungan sekolahmu? Kamu hendaknya selalu mematuhi peraturan yang ada di lingkungan sekolah seperti :
  • Memakai seragam sekolah sesuai ketentuan;
  • Tiba di sekolah sebelum bel tanda masuk berbunyi;
  • Menjaga ketenangan dan ketertiban di lingkungan sekolah;
  • Membuang sampah di tempat sampah, serta
  • Tidak mencoret-coret dinding sekolah maupun meja kursi yang ada di sekolah.

Kegiatan tersebut merupakan bentuk pelaksanaan kewajiban siswa sebagai warga masyarakat dalam mengisi kemerdekaan dengan kegiatan-kegiatan yang positif. Bangsa Indonesia telah merdeka sejak tahun 1945. Kemerdekaan bangsa Indonesia diperoleh dengan perjuangan penuh pengorbanan. Oleh karena itu, kemerdekaan bagi bangsa Indonesia merupakan sesuatu yang tidak ternilai harganya, sehingga untuk meraihnya, bangsa Indonesia harus berjuang dengan penuh pengorbanan. Bagaimana kamu memaknai kemerdekaan bangsa ini? Coba perhatikan bacaan tentang "Makna Proklamasi bagi Bangsa Indonesia" di bawah ini.
 
"Makna Proklamasi bagi Bangsa Indonesia"
 
Proklamasi berasal dari kata "proclamatio", (dari bahasa Yunani), yang memiliki arti ‘pengumuman resmi kepada seluruh rakyat’. Pengumuman yang dimaksud adalah pengumuman yang berhubungan dengan ketatanegaraan.
 
Setiap bangsa pasti menginginkan kemerdekaan karena kemerdekaan merupakan cita-cita dan tujuan yang ingin dicapai. Begitu juga dengan bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia pernah mengalami masa penjajahan cukup lama dan membuat rakyatnya menderita. Karena alasan itulah bangsa Indonesia bekerja sama, bahu membahu dengan sekuat tenaga berjuang untuk memperoleh kemerdekaannya.
 
Perjuangan bangsa Indonesia terwujud secara resmi setelah Soekarno-Hatta, atas nama bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.
 
Proklamasi kemerdekaan yang dikumandangkan Soekarno-Hatta memiliki makna bahwa bangsa Indonesia telah merdeka dan berdaulat, sehingga wajib dihormati oleh negara-negara lain. Indonesia menjadi bangsa dan negara yang memiliki kedudukan yang sama dan sederajat serta memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan negara-negara lain yang sudah merdeka dalam hubungan internasional.
 
Proklamasi kemerdekaan juga memiliki makna yang lain, di antaranya sebagai berikut :
  • Proklamasi sebagai puncak perjuangan bangsa Indonesia.
  • Proklamasi sebagai awal terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Proklamasi kemerdekaan sebagai titik tolak perubahan hukum kolonial menjadi hukum nasional.
  • Proklamasi menjadi pintu gerbang menuju masyarakat yang adil dan makmur.
Kemerdekaan merupakan cita-cita dan tujuan yang ingin dicapai oleh setiap bangsa di dunia, begitu juga dengan bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia telah mengambil sikap untuk menentukan nasib sendiri dalam segala aspek kehidupan. Bangsa Indonesia memiliki kewajiban untuk mempertahankan kemerdekaan dan mengisi kemerdekaan yang telah diraih, dengan cara meningkatkan taraf kehidupan bangsanya, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia. Proklamasi kemerdekaan dapat dijadikan jembatan emas bagi bangsa Indonesia menuju masyarakat yang sejahtera, adil, dan makmur.
 
 
Untuk lebih jelasnya tentang Pembelajaran ini, silahkan download Buku Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera, Kelas VI SD terdiri Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 di bawah ini :
Demikian postingan kali ini tentang Pembelajaran Kelas 6 SD Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 1 yang bersumber pada Buku Siswa Kurikulum 2013 terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Edisi Revisi 2018. Semoga bermanfaat dan mohon maaf apabila ada kekurangan maupun kesalahan dalam penulisan maupun penyampaiannya.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
EKA IKHSANUDINEKA IKHSANUDIN
Selamat Datang di Blog Pribadi Saya Belajar dan Berbagi. Salam Persahabatan dan Salam Lestari Buana Nusantara dari Karawang, Jawa Barat, Indonesia.
Follow Me : | Google | Facebook | Twitter | Instagram | Youtube |
Terimakasih Sobat, telah berkunjung dan membaca artikel mengenai :
Kelas 6 SD Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 1
SALAM LESTARI BUANA NUSANTARA
Kampungsawah0703 - Karawang
EKA IKHSANUDIN
EKA IKHSANUDIN
EKA IKHSANUDIN
 
Support : KAMPUNGSAWAH 0703 | EkaIkhsanudin.Net
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Belajar dan Berbagi - All Rights Reserved
BELAJAR DAN BERBAGI - Eka Ikhsanudin
Original Design by Creating Website | Edited by Kompi Ajaib | Blogger by Belajar dan Berbagi