BELAJAR DAN BERBAGI
Bursa Jual Beli Mobil Bekas di Denpasar, Bali
banner

TAMAN MAKAM PAHLAWAN RAWAGEDE KARAWANG

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Dalam setiap memperingati Hari Pahlawan 10 November sebagai warga Karawang pasti teringat dengan Taman Makam Pahlawan Sampurna Raga Rawagede (Monumen Perjuangan Rawagede) Kabupaten Karawang yang terletak di Dusun Rawagede, Desa Rawagede, Kecamatan Rawamerta, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat, Negara Kesatuan Republik Indonesia. Monumen Perjuangan Rawagede adalah sebuah destinasi wisata sejarah yang mengandung nilai nasionalisme dengan balutan kisah tragis didalamnya. Objek wisata Monumen Perjuangan Rawagede ini berkaitan dengan peristiwa pembantaian rakyat Rawagede oleh penjajah kolonial Belanda pada tahun  1949 yang menewaskan ratusan warga.
TAMAN MAKAM PAHLAWAN RAWAGEDE KARAWANG
Bangunan Monumen Perjuangan Rawagede mulai dibangun November 1995 dan diresmikan 12 Juli 1996. Dinding luar bagian bawah dihias relief yang menggambarkan peristiwa perjuangan rakyat Karawang. Khusus panil bagian belakang relief menggambarkan perjuangan rakyat Karawang di daerah Rawagede saat mempertaruhkan nyawa demi tegaknya kemerdekaan. Di lantai atas terdapat patung perunggu yang menggambarkan seorang ibu yang dipangkuannya terkulai tubuh suami dan anaknya yang tewas ditembak. Di belakang panil tersebut terdapat stela yang diisi penggalan puisi Antara Karawang Bekasi karya Chairil Anwar. Bangunan monumen melambangkan Proklamasi Kemerdekaan Negara Republik Indonesia. Anak tangga menuju lantai atas berjumlah 17 melambangkan tanggal 17. Denah bangunan lantai dasar persegi delapan melambangkan bulan delapan (Agustus). Bagian puncak berbentuk piramid yang terbagi empat setinggi 5 meter melambangkan tahun 1945.
TAMAN MAKAM PAHLAWAN RAWAGEDE KARAWANG
Di belakang bangunan monumen terdapat halaman yang fungsinya untuk tempat upacara dan juga sebagai penghubung antara bangunan monumen dengan makam pahlawan yang berada di sebelah utaranya. Halaman ini juga dimaksudkan sebagai lambang jembatan emas perjuangan bangsa Indonesia menuju cita-cita kemerdekaan. Makam Pahlawan  Rawagede di bagian belakang diberi nama Sampurna Raga. Di samping timur jalan masuk Makam pahlawan terdapat data korban peristiwa tindakan militer Belanda di Rawagede. Jumlah korban tersebut terdiri peristiwa 9 Desember 1947 sebanyak 431 orang, kurun waktu antara Bulan Januari sampai Oktober 1948 sebanyak 43 orang, dan korban pada kurun waktu Bulan Juli sampai November 1950 sebanyak 17 orang. Dari sekian korban tersebut yang dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Sampurna Raga sebanyak 181 orang.
MONUMEN PERJUANGAN RAWAGEDE - KARAWANG

Monumen Perjuangan Rawagede banyak dikunjungi wisatawan lokal, khususnya dari kalangan pelajar. Lokasi Monumen Rawagede tersebut berjarak kurang lebih 10 KM dari pusat Kota Karawang berada di Koordinat : 06° 14' 283"  S 107° 19' 599" E. Sarana transportasi ke Monumen Rawagede cukup mudah. Kita bisa menempuhnya melalui rute Karawang-Rawamerta ataupun lewat jalan Tanjung Pura-Rengasdengklok. Dan bagi generasi muda khususnya yang berada di Karawang yang harus mengenal sejarah bangsanya, maka berkunjunganlah ke Taman Makam Sampurna Raga Rawagede Karawang.

Demikian postingan malam ini, Blog Belajar dan Berbagi mengucapkan Selamat Memperingati Hari Pahlawan 10 November 2014. Mohon maaf kalau dalam penyajiannya ada kesalahan maupun kekurangan mohon di koreksi yah. Namanya juga sedang belajar hehehe.
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Sumber :
http://budparkarawang.com.
http://www.disparbud.jabarprov.go.id.
EKA IKHSANUDINEKA IKHSANUDIN
Selamat Datang di Blog Pribadi Saya Belajar dan Berbagi. Salam Persahabatan dan Salam Lestari Buana Nusantara dari Karawang - Jawa Barat.
Follow Me: | +Google | Facebook | Twitter | Contact | My Music |
Terimakasih Sobat, telah berkunjung dan membaca artikel mengenai :
TAMAN MAKAM PAHLAWAN RAWAGEDE KARAWANG
Share This Article :
Print PDF
.post-comment-link { visibility: hidden; }
SALAM LESTARI BUANA NUSANTARA
BLOG BUDAK KAMPUNGSAWAH
EKA IKHSANUDIN
EKA IKHSANUDIN
EKA IKHSANUDIN
Follow blog
 
Support : KAMPUNGSAWAH 0703 | BUDAK KAMPUNGSAWAH
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. BELAJAR DAN BERBAGI - All Rights Reserved
Blog Eka Ikhsanudin
Original Design by Creating Website | Edited by Kompi Ajaib | Blogger Belajar dan Berbagi