BELAJAR DAN BERBAGI
Bursa Jual Beli Mobil Bekas di Denpasar, Bali
banner

TREND PENDIDIKAN DI MASA DEPAN

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Selamat berhari minggu sobat Belajar dan Berbagi. Baiklah, postingan sekarang adalah tentang Trend Pendidikan di masa depan yang dirangkum dari beberapa sumber serta buku yang pernah saya baca xixiiii... Dalam pergaulan dunia yang semakin meluas dan kompleks saat ini dan di masa yang akan datang tidak mustahil bila setiap manusia kadang menjadi bingung, bimbang dalam menghadapinya. Berbagai tantangan dan kesempatan menyebabkan manusia harus lebih mampu mempersiapkan dirinya sendiri agar tetap survive atau tetap hidup atau tetap bertahan hidup. 
TREND PENDIDIKAN DI MASA DEPAN

Trend Pendidikan di masa depan pada pokoknya akan berhubungan dengan keterlibatan orang, uang dan lembaga serta pengawasan yang bila diperinci adalah dalam hal sebagai berikut : 
  1. Proyeksi penduduk yang terlibat dalam pendidikan akan meningkat.
  2. Penekanan pada kemampuan dasar seperti membaca, menulis dan berhitung serta ketrampilan komputer dan berbahasa asing yang menjadi aspek pokok pada ranah Sikap, Pengetahuan dan Ketrampilan.
  3. Keterlibatan dunia bisnis dan industri pada relevansi Kurikulum.
  4. Penggunaan Metode bilangan yang fleksibel.
  5. Penggunaan metodik dan didaktik dalam mengajar.
  6. Keterlibatan Staf, murid, guru, orang tua dan masyarakat dalam pembuatan keputusan pendidikan.
  7. Tuntutan masyarakat akan perlunya keterbukaan dalam manajemen pendidikan.
  8. Peningkatan karier bagi guru/pendidik yang sejalan dengan peningkatan pendidikan guru.
  9. Tantangan pendidikan, baik bagi anak berusia di bawah umur maupun di atas umur serta orang tua.
  10. Desentralisasi pengelolaan pendidikan.
Contoh-contoh tantangan yang harus diperhatikan dan diperhitungkan pada saat sekarang dan di masa depan misalnya Masyarakat Industri menjadi Masyarakat informasi, Teknologi kekuatan menjadi teknologi Canggih, Ekonomi Nasional menjadi Ekonomi Global (dunia), Sentralisasi menjadi Desentralisasi, Bantuan Kelembagaan menjadi Bantuan yang saling tergantungan, Hirarki menjadi Jaringan Kerja, Pilihan ganda menjadi akan ada banyak pilihan, Jangka pendek menjadi jangka panjang dan lain-lain. Tantangan-tantangan yang kian hari kian banyak dan bertambah tersebut jelas akan sangat mempengaruhi dunia pendidikan di masa depan. 

Hal tersebut tentunya akan berhubungan dengan sarana dan prasana serta fasilitas pendidikan yang memadai dan sangat diperlukan oleh dunia pendidikan di tingkat sekolah maupun di Tingkat Perguruan Tinggi. Kualitas, kuantitas serta kesejahteraan staf, tenaga pengajar dan manajemen kepemimpinan juga kepedulian dan kesadaran semua unsur masyarakat akan pentingnya pendidikan pun sangat berpengaruh. Maka diperlukan partisipasi aktif dari semua pihak jika ingin pendidikan di masa sekarang dan di masa depan ingin maju. Partisipasi memang kadang suatu kata yang mudah diucapkan, namun kadang-kadang sulit untuk dipraktekan. Mengapa partisipasi sangat penting ? Karena sebagus apapun Kurikulum, akan dapat dilaksanakan lebih baik jika dilaksanakan dengan penuh semangat, tanggungjawab, iklim yang kondusif dan kerjasama yang optimal dari semua pihak.

Demikian postingan kali ini, semoga bermanfaat bagi diri saya pribadi dan bagi pembaca yang sempat berkunjung ke Blog ini. Mohon maaf apabila ada kesalahan, kekurangan maupun kata-kata yang kurang berkenan di hati. Mungkin karena kekhilafan serta kekurang pemahaman saya semata.
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
EKA IKHSANUDINEKA IKHSANUDIN
Selamat Datang di Blog Pribadi Saya Belajar dan Berbagi. Salam Persahabatan dan Salam Lestari Buana Nusantara dari Karawang - Jawa Barat.
Follow Me: | +Google | Facebook | Twitter | Contact | My Music |
Terimakasih Sobat, telah berkunjung dan membaca artikel mengenai :
TREND PENDIDIKAN DI MASA DEPAN
Share This Article :
Print PDF
.post-comment-link { visibility: hidden; }
SALAM LESTARI BUANA NUSANTARA
BLOG BUDAK KAMPUNGSAWAH
EKA IKHSANUDIN
EKA IKHSANUDIN
EKA IKHSANUDIN
Follow blog
 
Support : KAMPUNGSAWAH 0703 | BUDAK KAMPUNGSAWAH
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. BELAJAR DAN BERBAGI - All Rights Reserved
Blog Eka Ikhsanudin
Original Design by Creating Website | Edited by Kompi Ajaib | Blogger Belajar dan Berbagi