Peringatan Hari Ibu Ke - 89 Tahun 2017

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Selamat sore Sobat Blogger. Tanggal 22 Desember 2017 kita akan memperingati Hari Ibu Ke - 89 Tahun 2017. Peringatan Hari Ibu (PHI) merupakan hari kebangkitan perempuan Indonesia dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan kaum perempuan yang tidak terpisahkan dari kebangkitan dan perjuangan bangsa. Berdasarkan sejarah pada tahun 1938 pada Kongres Perempuan Indonesia III di Bandung menyatakan bahwa tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu. Selanjutnya, dikukuhkan oleh Pemerintah dengan Keputusan Presiden Nomor 316 Tahun 1959 tentang Hari-Hari Nasional Bukan Hari Libur tertanggal 16 Desember 1959, yang menetapkan bahwa Hari Ibu tanggal 22 Desember merupakan Hari Nasional dan Bukan Hari Libur. Peringatan Hari Ibu (PHI) Ke - 89 Tahun 2017 ini diselenggarakan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomor 84 Tahun 2017 Tentang Penyelenggaraan dan Pembentukan Panitia Nasional Peringatan Hari Ibu Ke-89 Tahun 2017. Adapun Pedoman Penyelenggaraan Peringatan Hari Ibu Ke - 89 Tahun 2017 nanti di pasang di bawah postingan ini langsung dari Website https://www.kemenpppa.go.id.

Logo Peringatan Hari Ibu (PHI) Ke - 89 Tahun 2017
Sumber : https://www.kemenpppa.go.id

Baca juga : Lagu Hymne Dan Mars Hari Ibu

Tema Peringatan Hari Ibu (PHI) Ke - 89 Tahun 2017 tanggal 22 Desember 2017 adalah "Perempuan Berdaya, Indonesia Jaya". Peringatan Hari Ibu dimaksudkan untuk senantiasa untuk mengingatkan seluruh rakyat Indonesia terutama Generasi Muda, akan makna Hari Ibu sebagai Hari Kebangkitan dan Persatuan dan Kesatuan Perjuangan Kaum Perempuan yang tidak terpisahkan dari kebangkitan perjuangan bangsa. Untuk kita perlu diwarisi api semangat juang guna senantiasa mempertebal tekad untuk melajutkan perjuangan nasional menuju terwujudnya masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Tahun 1945.

Peringatan Hari Ibu Ke - 89 Tahun 2017

Baca juga : Lirik Lagu Iwan Fals Ibu

Semangat perjuangan kaum perempuan Indonesia tersebut sebagai mana tercermin dalam lambang Hari Ibu berupa setangkai bunga melati dengan kuntumnya, yang menggambarkan :
  1. Kasih Sayang Kodrati antara Ibu dan Anak;
  2. Kekuatan, Kesucian antara Ibu dan pengorbanan anak;
  3. Kesadaran wanita untuk menggalang kesatuan dan persatuan, Keikhlasan Bakti dalam pembangunan bangsa dan negara.
Baca juga : Libur Semester Ganjil 2017 Telah Tiba

Semboyan pada Lambang Hari Ibu Merdeka Melaksanakan Dharma mengandung arti bahwa tercapainya persamaan kedudukan, hak, kewajiban dan kesempatan antara kaum perempuan dan kaum laki-laki merupakan kemitrasejajaran yang perlu diwujudkan dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara demi keutuhan, kemajuan dan kedamaian bangsa Indonesia.

Peringatan Hari Ibu

Baca juga : LIRIK MARS GERMAS

Perempuan memiliki hak asasi yang sama dan integral dengan hak asasi manusia. Oleh karena itu perlu dipelihara kodrat, harkat dan martabatnya sebagai Ibu Bangsa yang berhasil membina keluarga yang harmonis dan sejahtera. Perjuangan perempuan agar bebas dari segala bentuk tindak kekerasan, diwujudkan dalam bentuk kesetaraan dan keadilan dalam segenap aspek kehidupan. Hal ini perlu diupayakan setiap waktu. Kaum Perempuan Indonesia tidak hanya menjadi pengguna hasil pembangunan, namun juga ikut berperan melaksanakan dan berpartisipasi di segenap aspek pembangunan nasional. Peran politik berarti ikut serta dalam proses pengambilan keputusan dalam upaya membentuk keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.

Peringatan Hari Ibu

Perempuan mempunyai posisi yang lebih dekat dengan keluarga dan telah menggunakan sebagian besar waktunya untuk keluarga, anak dan orang tua. Oleh karena itu kebutuhan spesifik kaum perempuan akan lebih terdukung apabila perempuan memperoleh akses, dan manfaat dapat berpartisipasi serta melakukan kontrol di segenap aspek pembangunan nasional.


Selain Peringatan Hari Ibu (PHI) Ke - 89 Tahun 2017, masih ada lagi hari-hari penting lain di bulan Desember, misalnya saja hari AIDS sedunia, Hari Transmigrasi, dan yang lainnya. Berikut hari-hari penting yang diperingati di bulan Desember :

Baca juga : Google Doodle 50 Tahun Coding untuk Anak-Anak

  1. Hari AIDS Sedunia, diperingati setiap tanggal 1 Desember.
  2. Hari Cacat, diperingati setiap tanggal 3 Desember.
  3. Hari Artileri, diperingati setiap tanggal 4 Desember.
  4. Hari Armada, diperingati tiap tanggal 9 Desember.
  5. Hari Anti Korupsi, diperingati setiap 9 Desember.
  6. Hari Hak Asasi Manusia, diperingati tiap tanggal 10 Desember.
  7. Hari Transmigrasi, diperingati setiap 12 Desember.
  8. Hari Nusantara, setiap tanggal 13 Desember.
  9. 19 Desember, diperingati sebagai Hari Bela Negara.
  10. 20 Desember, diperingati sebagai Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional.
  11. 22 Desember, diperingati sebagai Hari Ibu Nasional.
  12. 22 Desember, diperingati sebagai Hari Sosial.
  13. 22 Desember: Hari Korps Wanita Angkatan Darat (KOWAD).
  14. 25 Desember: Hari Natal.

Baca juga : LAGU WAJIB NASIONAL BANGUN PEMUDI PEMUDA

Demikian postingan kali ini tentang Peringatan Hari Ibu (PHI) Ke - 89 Tahun 2017. Mohon Maaf dan koreksi apabila ada kekurangan, kesalahan maupun kata-kata serta tulisan yang salah dan tidak berkenan di hati. Selamat Memperingati Hari Ibu Ke - 89 Tahun 2017.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
EKA IKHSANUDINEKA IKHSANUDIN
Selamat Datang di Blog Pribadi Saya Belajar dan Berbagi. Salam Persahabatan dan Salam Lestari Buana Nusantara dari Karawang, Jawa Barat, Indonesia.
Follow Me : | +Google | Facebook | Twitter | Instagram | Youtube |
Terimakasih Sobat, telah berkunjung dan membaca artikel mengenai :
Peringatan Hari Ibu Ke - 89 Tahun 2017
SALAM LESTARI BUANA NUSANTARA
Budak Kampungsawah 0703
EKA IKHSANUDIN
EKA IKHSANUDIN
EKA IKHSANUDIN
Follow blog
 
Support : KAMPUNGSAWAH 0703 | BUDAK KAMPUNGSAWAH
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. BELAJAR DAN BERBAGI - All Rights Reserved
Eka Ikhsanudin
Original Design by Creating Website | Edited by Kompi Ajaib | Blogger by Belajar dan Berbagi