APA YANG DIMAKSUD MENULIS

Apa Yang Dimaksud Menulis. Dalam kegiatan pembelajaran di sekolah, setiap mata pelajaran tidak lepas dari kegiatan menulis. Menulis dapat didefinisikan sebagai suatu kegiatan penyampaian pesan (komunikasi) dengan menggunakan bahasa tulis sebagai alat atau medianya. Pesan adalah isi atau muatan yang terkandung dalam suatu tulisan. Tulisan merupakan sebuah simbol atau lambang bahasa yang dapat dilihat dan disepakati pemakainya.

APA YANG DIMAKSUD MENULIS 

Dengan demikian, dalam komunikasi tulis paling tidak ada 4 (empat) unsur yang terlibat, yaitu : Penulis, sebagai penyampai pesan, pesan atau isi tulisan, saluran atau media berupa tulisan dan pembaca sebagai penerima.Tambah Gambar Menulis sebenarnya bukanlah sesuatu yang asing bagi kita. Artikel, esai, laporan, resensi,, karya sastra, buku, komik, dan cerita adalah contoh bentuk dan produk bahasa tulis yang akrab dengan kehidupan kita. 

Tulisan-tulisan tersebut menyajikan secara runtut dan menarik, ide, gagasan dan perasaaan penulisnya. Sayangnya, aktifitas menulis atau kadang kadang orang menyebutnya mengarang, tidak banyak diantara kita yang menyukainya. Menurut Graves (1978), seorang enggan menulis karena tidak tahu untuk apa dia menulis, merasa tidak berbakat menulis, dan merasa tidak tahu bagaimana harus menulis. Ketidaksukaan tak lepas dari pengaruh lingkungan keluarga dan masyarakat, serta pengalaman pembelajaran menulis atau mengarang di sekolah yang kurang memotivasi dan merangsang minat. Saudara, sebenarnya begitu banyak manfaat yang dapat dipetik dari menulis. 

Kemanfaatan itu di antaranya dalam hal :
1. Peningkatan kecerdasan; 
2. Pengembangan daya inisiatif dan kreatifitas; 
3. Penumbuh keberanian; dan 
4. Pendorong kemauan dan kemampuan mengumpulkan informasi. 

Demikianlah pengertian MENULIS yang secara sederhana dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat bagi kita semua khususnya sebagai Tenaga Pendidik, umumnya bagi masyarakat luas yang sempat membaca postingan ini. Manusia tidak luput dari salah dan kekurangan, andai ada salah kata kami mohon maaf....
EKA IKHSANUDINEKA IKHSANUDIN
Selamat Datang di Blog Pribadi Saya Belajar dan Berbagi. Salam Persahabatan dan Salam Lestari Buana Nusantara dari Karawang, Jawa Barat, Indonesia.
Follow Me : | Google | Facebook | Twitter | Instagram | Youtube |
Terimakasih Sobat, telah berkunjung dan membaca artikel mengenai :
APA YANG DIMAKSUD MENULIS
SALAM LESTARI BUANA NUSANTARA
Kampungsawah0703 - Karawang
EKA IKHSANUDIN
EKA IKHSANUDIN
EKA IKHSANUDIN
 
Support : KAMPUNGSAWAH 0703 | EkaIkhsanudin.Net
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Belajar dan Berbagi - All Rights Reserved
BELAJAR DAN BERBAGI - Eka Ikhsanudin
Original Design by Creating Website | Edited by Kompi Ajaib | Blogger by Belajar dan Berbagi