HARI KESAKTIAN PANCASILA TAHUN 2017

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Selamat beraktifitas sobat Belajar dan Berbagi. Pada postingan kali ini tentang Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2017 yang akan kita peringati bersama pada tanggal 1 Oktober 2017. Pancasila sebagai Dasar Negara Republik Indonesia ditetapkan pada tanggal 18 Agustus 1945. Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo pada tanggal 1 Juni 2016 telah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila sekaligus menetapkannya sebagai hari libur nasional yang berlaku mulai tahun 2017. Dan besok tanggal 1 Oktober 2017 kita sebagai Bangsa Indonesia akan memperingati Hari Kesaktian Pancasila.

HARI KESAKTIAN PANCASILA TAHUN 2017

Pada tanggal 30 September 1965, terjadi insiden yang dinamakan Gerakan 30 September (G30S). Insiden ini sendiri masih menjadi perdebatan di tengah lingkungan akademisi mengenai siapa penggiatnya dan apa motif di belakangnya. Akan tetapi otoritas militer dan kelompok keagamaan terbesar saat itu menyebarkan kabar bahwa insiden tersebut merupakan usaha PKI mengubah unsur Pancasila menjadi ideologi komunis, untuk membubarkan Partai Komunis Indonesia, dan membenarkan peristiwa Pembantaian di Indonesia 1965–1966.

Pada peristiwa tersebut gugur enam Jenderal dan 1 Kapten serta beberapa orang lainnya yang dibunuh oleh oknum-oknum yang digambarkan pemerintah sebagai upaya kudeta yang kita kenal dengan Pahlawan Revolusi. Keenam pejabat tinggi yang gugur tersebut adalah:
  1. Letjen TNI Ahmad Yani (Menteri/Panglima Angkatan Darat/Kepala Staf Komando Operasi Tertinggi)
  2. Mayjen TNI Raden Suprapto (Deputi II Menteri/Panglima AD bidang Administrasi)
  3. Mayjen TNI Mas Tirtodarmo Haryono (Deputi III Menteri/Panglima AD bidang Perencanaan dan Pembinaan)
  4. Mayjen TNI Siswondo Parman (Asisten I Menteri/Panglima AD bidang Intelijen)
  5. Brigjen TNI Donald Isaac Panjaitan (Asisten IV Menteri/Panglima AD bidang Logistik)
  6. Brigjen TNI Sutoyo Siswomiharjo (Inspektur Kehakiman/Oditur Jenderal Angkatan Darat)

Jenderal TNI Abdul Harris Nasution yang menjadi sasaran utama, selamat dari upaya pembunuhan tersebut. Sebaliknya, putrinya Ade Irma Suryani Nasution dan ajudan beliau, Lettu CZI Pierre Andreas Tendean gugur dalam usaha pembunuhan tersebut.

Para korban tersebut kemudian dibuang ke suatu lokasi di Pondok Gede, Jakarta yang dikenal sebagai Lubang Buaya. Mayat mereka ditemukan pada 3 Oktober 1965. Selain itu beberapa orang lainnya juga turut menjadi korban:
  1. Bripka Karel Satsuit Tubun (Pengawal kediaman resmi Wakil Perdana Menteri II dr.J. Leimena).
  2. Kolonel Katamso Darmokusumo (Komandan Korem 072/Pamungkas, Yogyakarta).
  3. Letkol Sugiyono Mangunwiyoto (Kepala Staf Korem 072/Pamungkas, Yogyakarta).

Gejolak yang timbul akibat Gerakan 30 September sendiri pada akhirnya berhasil diredam oleh otoritas militer Indonesia. Pemerintah pada waktu itu kemudian menetapkan 30 September sebagai Hari Peringatan Gerakan 30 September dan tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Berdasarkan Surat dari Kementerian Sekretaris Negara Republik Indonesia tanggal 25 September 2017 Nomor B-908/M.Sesneg/Set/TU.00.04/09/2017 Bahwa Tema Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2017 adalah "Kerja Bersama Berlandaskan Pancasila Mewujudkan Masyarakat Adil dan Makmur".

BLOG BELAJAR DAN BERBAGI
MENGUCAPKAN
SELAMAT MEMPERINGATI
HARI KESAKTIAN PANCASILA
1 OKTOBER 2017

Dan tidak lupa dengan Semboyan Bhinneka Tunggal Ika kita tetap jaga Rasa Persatuan dan Kesatuan Bangsa, agar Negara Kesatuan Republik Indonesia tetap jaya. Bagimu Negeri, Jiwa Raga Kami, NKRI Harga Mati.

Jangan lupa kunjungi juga postingan :
1. Pancasila Sebagai Dasar Negara
2. Butir-Butir Pancasila
3. Selamat Hari Pancasila 1 Juni
4. Nama-Nama Pahlawan Revolusi
5. Lirik Lagu Nasional Gugur Bunga

Selamat Memperingati Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2017. Mohon maaf apabila ada kesalahan, kekurangan maupun kata-kata yang salah serta kurang berkenan di hati dalam penyajian postingan ini.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
EKA IKHSANUDINEKA IKHSANUDIN
Selamat Datang di Blog Pribadi Saya Belajar dan Berbagi. Salam Persahabatan dan Salam Lestari Buana Nusantara dari Karawang, Jawa Barat, Indonesia.
Follow Me : | Google | Facebook | Twitter | Instagram | Youtube |
Terimakasih Sobat, telah berkunjung dan membaca artikel mengenai :
HARI KESAKTIAN PANCASILA TAHUN 2017
SALAM LESTARI BUANA NUSANTARA
Kampungsawah0703 - Karawang
EKA IKHSANUDIN
EKA IKHSANUDIN
EKA IKHSANUDIN
 
Support : KAMPUNGSAWAH 0703 | EkaIkhsanudin.Net
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Belajar dan Berbagi - All Rights Reserved
BELAJAR DAN BERBAGI - Eka Ikhsanudin
Original Design by Creating Website | Edited by Kompi Ajaib | Blogger by Belajar dan Berbagi