BASUKI ENDROPRANOTO PENCIPTA MARS PGRI

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Tanggal 25 November 2017 kita akan memperingati Hari Guru Nasional dan HUT PGRI Ke- 72 Tahun 2017. Pada kegiatan tersebut kita sering menyanyikan Lagu Mars PGRI yang penciptanya adalah Bapak R.Basuki Endropranoto. Bapak R.Basuki Endropranoto Pencipta Lagu Mars PGRI, lahir di Karanganyar pada tanggal 9 Juli 1914. Beliau adalah putra dari Bapak R.Hardjopawiro, seorang Kepala Desa di Prumpung, Kebumen, Jawa Tengah. Beliau merupakan putra ke-2 dari 6 bersaudara.


R.Basuki Endropranoto pencipta Lagu Mars PGRI
Sumber Gambar : Komentar Disqus ekaikhsanudin.net

R.Basuki Endropranoto Pencipta Lagu Mars PGRI merupakan seorang pengajar. Beliau pernah menjadi Guru di SLP dan SLA di Yogyakarta, Banjarnegara, Curup Bengkulu, Plaju, Palembang. Selain itu Bapak R.Basuki Endropranoto juga menjadi salah seorang pendiri SMP di Cianjur dan mengajar di SMPN, SMP Pasundan, SPM Tsanawiah. Kemudian mengajar di SMPN Pandeglang, SMAN di Jakarta.

BASUKI ENDROPRANOTO PENCIPTA MARS PGRI
Sumber Gambar : pendropranoto.blogspot.com

Selain yang sudah tertulis di atas, Bapak R.Basuki Endropranoto juga pernah menjabat sebagai Penilik di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, berijazah B1 dan B2 dalam Bahasa Jerman dari Jerman Barat dan Jerman Timur. Beliau juga menjadi salah seorang perintis Akademi Bahasa Asing Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan menjabat sebagai Ketua Jurusan bahasa Jerman.

BASUKI ENDROPRANOTO PENCIPTA MARS PGRI
Sumber Gambar: pendropranoto.blogspot.com

Bapak R.Basuki Endropranoto pencipta Lagu Mars PGRI, bersama Bapak Moch. Said juga pernah menjadi pengajar di Taman Guru Perguruan Taman Siswa di Kemayoran Jakarta. Buku-buku yang pernah dikarang oleh Bapak R.Basuki Endropranoto antara lain Pelajaran Ilmu Alam, Buku “Bernyanyi sambil bermain”, suatu buku nyanyian untuk bersenam dan bermain bagi anak-anak Kelas II dan Kelas III SR, yang dikarang bersama Djedje Wikartamadya R, yang diterbitkan oleh Percetakan Harapan Masa Jakarta tahun 1954 dan buku “Mari Bernyanyi metode bernyanyi dengan not angka” suatu buku guru yang dikarang bersama Baharuddin Harahap yang juga diterbitkan oleh Percetakan Harapan Masa Jakarta thn 1956. Bapak R.Basuki Endropranoto beristerikan Ibu Rd. Kartika, dan dikaruniai 9 orang anak, 5 orang anak laki-laki dan 4 orang anak perempuan.

R.Basuki Endropranoto pencipta Lagu Mars PGRI
Sumber Gambar: pendropranoto.blogspot.com

Tentang Lagu Mars PGRI. Mars PGRI yang diciptakan oleh R.Basuki Endropranoto disahkan pada Kongres PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) ke VI di Malang yang berlangsung dari tgl 24-30 November 1952. Pada Kongres di Malang tersebut tercatat 483 cabang dengan jumlah anggota sebanyak 75.149 orang. Kongres ini membahas masalah konsolidasi organisasi, perburuhan dan pendidikan. Syair lagu Mars PGRI ini membangun tekad dan semangat Persatuan Guru Republik Indonesia yang abadi di bawah naungan sang Panji PGRI yang bersinar dan sentosa menerangi seluruh anggotanya.

Isi dari Lagu Mars PGRI ini, antara lain mendorong kaum guru semuanya untuk membangunkan rakyat dari kegelapan, sebagai penyuluh dan pembimbing bangsa, hendaknya kaum guru menginsysafi akan kewajibannya, mendidik dan mengajar para putera-puteri bangsa, dan membangun jiwa, pencipta kekuatan Negara.

Sumber :
1. Referensi dari http://pendropranoto.blogspot.com
(Ditulis oleh: Dr. Prabowo Endropranoto, anak sulung Bapak Basuki Endropranoto)

2. Komentar Disqus Lirik Lagu Mars PGRI

Kunjungi juga :
1. ARTI LAMBANG PGRI
2. SEJARAH SINGKAT PGRI
3. LAGU NASIONAL PADA PAHLAWAN
4. LAGU INDONESIA MUTIARAKU
5. LAGU SUNDA KARATAGAN PAHLAWAN - MANG KOKO
6. Lirik dan Mp3 Lagu Mars Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat)

Demikian postingan kali ini tentang Bapak R.Basuki Endropranoto Pencipta Mars PGRI. Mohon maaf apabila ada kesalahan, kekurangan maupun kata-kata serta tulisan yang salah serta kurang berkenan di hati.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
EKA IKHSANUDINEKA IKHSANUDIN
Selamat Datang di Blog Pribadi Saya Belajar dan Berbagi. Salam Persahabatan dan Salam Lestari Buana Nusantara dari Karawang, Jawa Barat, Indonesia.
Follow Me : | Google | Facebook | Twitter | Instagram | Youtube |
Terimakasih Sobat, telah berkunjung dan membaca artikel mengenai :
BASUKI ENDROPRANOTO PENCIPTA MARS PGRI
SALAM LESTARI BUANA NUSANTARA
Kampungsawah0703 - Karawang
EKA IKHSANUDIN
EKA IKHSANUDIN
EKA IKHSANUDIN
 
Support : KAMPUNGSAWAH 0703 | EkaIkhsanudin.Net
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Belajar dan Berbagi - All Rights Reserved
BELAJAR DAN BERBAGI - Eka Ikhsanudin
Original Design by Creating Website | Edited by Kompi Ajaib | Blogger by Belajar dan Berbagi