Dirgahayu Kavaleri TNI AD Ke - 70 Tahun 2020

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Sebentar lagi Hari Minggu, 9 Februari 2020 bertepatan dengan HUT Ke-70 Kavaleri TNI AD. Jadi ingat waktu jaman Sekolah dahulu ketika saya masih di Godean, Sleman, Yogyakarta. Kalau berangkat ke sekolah pakai sepeda kadang suka lihat Tank atau Panser yang ada di Markas Kompi Panser YonKav-2/Serbu Turangga Ceta Kodam IV/Diponegoro yang ada di timur Jl. Ring Road Gamping, Demak Ijo, Sleman deket Batalyon Infanteri Kompi Senapan C. Sayang jaman dulu belum jaman Handphone seperti sekarang. Jadi saya cuma bisa melihat saja tidak bisa mengabadikan lewat foto ataupun video. Jadi saya abadikan sekarang saja lewat postingan Dirgahayu Kavaleri TNI AD Ke - 70 Tahun 2020.

Dirgahayu Kavaleri TNI AD Ke - 70 Tahun 2020
Dirgahayu Kavaleri TNI AD Ke - 70 Tahun 2020

Berdasarkan Sejarah yang saya kutip dari Situs Resmi Pusat Kesenjataan Kavaleri Kodiklat TNI AD, bahwa Embrio Kavaleri Angkatan Darat mulai timbul selama perang kemerdekaan. Pertempuran di Surabaya pada bulan November 1945 yang melibatkan beberapa pemuda Indonesia diantaranya pemuda Soebiantoro yang dikemudian hari menjabat sebagai Danpussenkav.

Pada saat itu para pejuang telah menggunakan beberapa Kendaraan Tempur Panser hasil rampasan dari Jepang, Belanda dan Inggris untuk melawan tentara Sekutu. Kendaraan tempur hasil rampasan tersebut telah digunakan di beberapa daerah antara lain pada akhir Desember 1949 di Palembang dan awal tahun 1950 di Pulau Jawa dan Medan. Didorong oleh semangat, tekad dan cita-cita yang kuat untuk mempertahankan kemerdekaan, meskipun hanya menggunakan alat peralatan yang serba terbatas, para pemuda menggabungkan Kendaraan Tempur hasil rampasan perang untuk membentuk organisasi satuan berlapis baja. Selanjutnya pimpinan Angkatan Darat pada saat itu mengeluarkan Surat Keputusan pembentukan organisasi satuan lapis baja, dengan Surat Keputusan Kepala Staf Angkatan Darat Nomor: 5 / KSAD / Pntp / 50 tanggal 9 Februari 1950 tentang Pembentukan Satuan Berlapis Baja. Oleh karena itu maka pada tanggal 9 Februari 1950 ditetapkan sebagai Hari Jadi Kavaleri.
Sumber : https://pussenkav.mil.id.


Demikian postingan kali ini, Dirgahayu Kavaleri TNI AD Ke - 70 Tahun 2020, 9 Februari 1950 - 9 Februari 2020. Mohon maaf apabila ada kekurangan, kesalahan maupun tulisan yang salah serta kurang berkenan di hati.

Kunjungi juga :
1. Membuat Effect Green Screen Video Pada ActivePresenter
2. POS Ujian Nasional Tahun 2020
3. Kisi-Kisi Soal UN Tahun Pelajaran 2019-2020

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
EKA IKHSANUDINEKA IKHSANUDIN
Selamat Datang di Blog Pribadi Saya Belajar dan Berbagi. Salam Persahabatan dan Salam Lestari Buana Nusantara dari Karawang, Jawa Barat, Indonesia.
Follow Me : | Google | Facebook | Twitter | Instagram | Youtube |
Terimakasih Sobat, telah berkunjung dan membaca artikel mengenai :
Dirgahayu Kavaleri TNI AD Ke - 70 Tahun 2020
SALAM LESTARI BUANA NUSANTARA
Budak Kampungsawah0703 - Karawang
EKA IKHSANUDIN
EKA IKHSANUDIN
EKA IKHSANUDIN
 
Support : KAMPUNGSAWAH 0703 | EkaIkhsanudin.Net
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Belajar dan Berbagi - All Rights Reserved
Eka Ikhsanudin
Original Design by Creating Website | Edited by Kompi Ajaib | Blogger by Belajar dan Berbagi