Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional 2021

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Selamat malam dan Selamat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan 1442 H sobat Belajar dan Berbagi. Tidak terasa Hari Minggu, 2 Mei 2021 Bangsa Indonesia akan memperingati Hari Pendidikan Nasional Tahun 2021. Berdasarkan Surat Edaran dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tanggal 26 April 2021 Nomor : 27664/MPK.A/TU.02.03/2021 tentang Pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2021, Tema Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2021 adalah "Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar". Ditetapkannya tanggal 2 Mei sebagai Hari Pendidikan Nasional oleh pemerintah Republik Indonesia melalui Keputusan Presiden RI Nomor 316 Tahun 1959, merupakan wujud nyata kepedulian pemerintah akan pentingnya pendidikan di negeri ini. Penetapan Hari Pendidikan Nasional dilatarbelakangi oleh sosok yang memiliki jasa luar biasa di dunia pendidikan kita, Ki Hadjar Dewantara, yang lahir pada tanggal 2 Mei 1889. Peringatan Hari Pendidikan Nasional yang diselenggarakan pada setiap tanggal 2 Mei tidak semata-mata dimaksudkan untuk mengenang hari kelahiran Ki Hadjar Dewantara selaku Bapak Perintis Pendidikan Nasional, namun lebih merupakan sebuah momentum untuk kembali menumbuhkan rasa patriotisme dan nasionalisme bagi seluruh insan pendidikan.

Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional Tahun 2021

Pada Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2021, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan Upacara Bendera Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2021 pada tanggal 2 Mei 2021 pukul 08.00 WIB secara tatap muka, terbatas, minimalis, dan menerapkan protokol kesehatan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 yang telah ditetapkan pemerintah tanpa mengurangi makna, semangat, dan kekhidmatan acara.

Adapun untuk Instansi pusat, daerah, satuan pendidikan, serta kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri yang berada dalam wilayah zona hijau dan kuning diperkenankan untuk menyelanggarakan upacara bendera secara tatap muka, terbatas, dan minimalis dengan berpedoman pada ketentuan yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagaimana terlampir pada Pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2021.

Logo Hari Pendidikan Nasional Tahun 2021
Logo Hari Pendidikan Nasional Tahun 2021

Sedangkan untuk instansi dan satuan pendidikan di daerah yang berada dalam wilayah zona oranye dan merah, diimbau untuk mengikuti jalannya upacara bendera melalui siaran langsung di kanal Youtube Kemendikbud RI dan saluran TV Edukasi dari rumah/tempat tinggal masing-masing.Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk mewujudkan tujuan tersebut adalah dengan menetapkan pelaksanaan Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional.

Hal ini dimaksudkan agar semua insan pendidikan mengingat kembali filosofi dari nilai perjuangan Ki Hadjar Dewantara dalam menegakkan pondasi pendidikan di Indonesia. Namun, di tengah krisis pandemi Covid-19 yang melanda tanah air pada tahun ini, upacara bendera peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2021 diselenggarakan secara minimalis dan terbatas dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 yang telah ditetapkan Pemerintah.

Dengan Tema
Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar

Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional 2021

Blogger Belajar Dan Berbagi
https://www.ekaikhsanudin.net

Mengucapkan :

Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional
2 Mei 2021
 

Demikian postingan pada malam hari ini, mohon maaf apabila ada kesalahan maupun kekurangan dalam penulisan maupun penyajiannya. Semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
EKA IKHSANUDINEKA IKHSANUDIN
Selamat Datang di Blog Pribadi Saya Belajar dan Berbagi. Salam Persahabatan dan Salam Lestari Buana Nusantara dari Karawang, Jawa Barat, Indonesia.
Follow Me : | Google | Facebook | Twitter | Instagram | Youtube |
Terimakasih Sobat, telah berkunjung dan membaca artikel mengenai :
Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional 2021
SALAM LESTARI BUANA NUSANTARA
Kampungsawah0703 - Karawang
EKA IKHSANUDIN
EKA IKHSANUDIN
EKA IKHSANUDIN
 
Support : KAMPUNGSAWAH 0703 | EkaIkhsanudin.Net
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Belajar dan Berbagi - All Rights Reserved
BELAJAR DAN BERBAGI - Eka Ikhsanudin
Original Design by Creating Website | Edited by Kompi Ajaib | Blogger by Belajar dan Berbagi