Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022

Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022. Sebentar lagi Hari Rabu, 1 Juni 2022 Bangsa Indonesia akan Memperingati Hari Lahir Pancasila. Peringatan Hari Lahir Pancasila ditetapkan Berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila yang menetapkan tanggal 1 Juni 1945 merupakan Hari Lahir Pancasila, maka setiap tanggal 1 Juni segenap komponen bangsa dan masyarakat Indonesia berkomitmen untuk memperingati Hari Lahir Pancasila sebagai bagian dari pengarusutamaan Pancasila sebagai panduan dalam seluruh bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Berdasarkan Surat Edaran Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Nomor 4 Tahun 2022 tentang Pedoman Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022, Tema Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 adalah Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia.


Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022

Pancasila sebagai Dasar Negara Republik Indonesia ditetapkan pada tanggal 18 Agustus 1945. Sebagai dasar negara, maka nilai-nilai kehidupan bernegara dan berpemerintahan sejak saat itu berdasarkan pada Pancasila. Nilai-nilai yang ada dalam Pancasila tersebut juga telah dipraktekan oleh Nenek Moyang Bangsa Indonesia, dan kita teruskan sampai sekarang. 


Logo Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022
Logo Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022
Sumber : https://bpip.go.id

Pancasila sebagai dasar negara berarti bahwa nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dijadikan dasar dan pedoman dalam mengatur tata kehidupan bernegara seperti yang diatur oleh UUD 1945. Sebagai Dasar Negara, Pancasila merupakan sumber dari segala sumber hukum yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia. Rumusan Pancasila yang dijadikan Dasar Negara Indonesia seperti tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 adalah :
  1. Ketuhanan Yang Maha Esa.
  2. Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab.
  3. Persatuan Indonesia.
  4. Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/Perwakilan.
  5. Keadilan Sosial Bagi seluruh Rakyat Indonesia.
Kelima Sila tersebut sebagai satu kesatuan nilai kehidupan masyarakat Indonesia oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) dijadikan Dasar Negara Republik Indonesia. Dasar tersebut di atas adalah kuat kokoh karena digali dan dirumuskan dari nilai-nilai kehidupan bangsa kita. Karena itulah Pancasila disepakati secara nasional dan merupakan suatu perjanjian luhur yang harus dipatuhi oleh Pemerintah dan Seluruh Rakyat Indonesia. Itu pulalah bentuk dan corak masyarakat yang hendak kita capai atau wujudkan, yaitu Masyarakat Indonesia Modern, yang berlandaskan Pancasila.

SELAMAT MEMPERINGATI
HARI LAHIR PANCASILA 1 JUNI 2022
BAGIMU NEGERI,
JIWA RAGA KAMI,
NKRI HARGA MATI.
EKA IKHSANUDINEKA IKHSANUDIN
Selamat Datang di Blog Pribadi Saya Belajar dan Berbagi. Salam Persahabatan dan Salam Lestari Buana Nusantara dari Karawang, Jawa Barat, Indonesia.
Follow Me : | Google | Facebook | Twitter | Instagram | Youtube |
Terimakasih Sobat, telah berkunjung dan membaca artikel mengenai :
Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022
SALAM LESTARI BUANA NUSANTARA
Kampungsawah0703 - Karawang
EKA IKHSANUDIN
EKA IKHSANUDIN
EKA IKHSANUDIN
 
Support : KAMPUNGSAWAH 0703 | EkaIkhsanudin.Net
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Belajar dan Berbagi - All Rights Reserved
BELAJAR DAN BERBAGI - Eka Ikhsanudin
Original Design by Creating Website | Edited by Kompi Ajaib | Blogger by Belajar dan Berbagi