Nama-Nama Bulan dalam Kalender Islam

Di Bulan Maret 2023 ini tidak terasa sebentar lagi kita akan memasuki Bulan Suci Ramadhan. Bulan Ramadhan merupakan salah satu Bulan dalam Kalender Islam atau Kalender Hijriyah. Nah, pada postingan kali ini saya akan ikutan share tentang Nama-Nama Bulan dalam Kalender Islam. Kalender Islam menggunakan peredaran bulan sebagai acuannya, berbeda dengan kalender biasa (Kalender Masehi) yang menggunakan peredaran matahari. Penetapan kalender Hijriyah dilakukan pada jaman Khalifah Umar bin Khatab, yang menetapkan peristiwa hijrahnya Rasulullah SAW dari kota Mekah ke Madinah bertepatan pada 622 Masehi. Peristiwa inilah yang menjadi awal perhitungan kalender Hijriyah/Kalender Islam.

Nama-Nama Bulan dalam Kalender Islam/Kalender Hijriyah



Kalender Islam atau Kalender Hijriyah juga terdiri dari 12 bulan, dengan jumlah hari berkisar 29 – 30 hari. Penetapan 12 bulan ini sesuai dengan Firman Allah Subhana Wata’ala dalam Al-Qur'an Surah At Taubah Ayat 36.

إِنَّ عِدَّةَ ٱلشُّهُورِ عِندَ ٱللَّهِ ٱثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِى كِتَٰبِ ٱللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ مِنْهَآ أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۚ ذَٰلِكَ ٱلدِّينُ ٱلْقَيِّمُ ۚ فَلَا تَظْلِمُوا۟ فِيهِنَّ أَنفُسَكُمْ ۚ وَقَٰتِلُوا۟ ٱلْمُشْرِكِينَ كَآفَّةً كَمَا يُقَٰتِلُونَكُمْ كَآفَّةً ۚ وَٱعْلَمُوٓا۟ أَنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلْمُتَّقِينَ

Arab-Latin: Inna 'iddatasy-syuhụri 'indallāhiṡnā 'asyara syahran fī kitābillāhi yauma khalaqas-samāwāti wal-arḍa min-hā arba'atun ḥurum, żālikad-dīnul-qayyimu fa lā taẓlimụ fīhinna anfusakum wa qātilul-musyrikīna kāffatang kamā yuqātilụnakum kāffah, wa'lamū annallāha ma'al-muttaqīn

Artinya: Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.(QS : At Taubah(9):36).

Referensi : Tafsir Ringkas Kementerian Agama RI.


Berikut di bawah ini adalah Nama-Nama Bulan dalam Kalender Islam/Kalender Hijriyah :

1. Bulan Muharram

2. Bulan Shafar

3. Bulan Rabi’ul Awal

4. Bulan Rabi’ul Akhir

5. Bulan Jumadil Awal

6. Bulan Jumadil Akhir

7. Bulan Rajab

8. Bulan Sya’ban

9. Bulan Ramadhan

10. Bulan Syawal

11. Bulan Dzulqa'dah

12. Bulan Dzulhijjah


Demikian postingan kali ini yang saya share tentang Nama-Nama Bulan dalam Kalender Islam. Semoga bermanfaat dan mohon maaf apabila ada kekurangan maupun kesalahan dalam penulisan maupun penyajiannya.

EKA IKHSANUDINEKA IKHSANUDIN
Selamat Datang di Blog Pribadi Saya Belajar dan Berbagi. Salam Persahabatan dan Salam Lestari Buana Nusantara dari Karawang, Jawa Barat, Indonesia.
Follow Me : | Google | Facebook | Twitter | Instagram | Youtube |
Terimakasih Sobat, telah berkunjung dan membaca artikel mengenai :
Nama-Nama Bulan dalam Kalender Islam
SALAM LESTARI BUANA NUSANTARA
Kampungsawah0703 - Karawang
EKA IKHSANUDIN
EKA IKHSANUDIN
EKA IKHSANUDIN
 
Support : KAMPUNGSAWAH 0703 | EkaIkhsanudin.Net
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Belajar dan Berbagi - All Rights Reserved
BELAJAR DAN BERBAGI - Eka Ikhsanudin
Original Design by Creating Website | Edited by Kompi Ajaib | Blogger by Belajar dan Berbagi