Bimtek Pendidikan Inklusif Tahun 2021

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Postingan kali ini saya akan share tentang Kegiatan Bimtek Pendidikan Inklusif Tahun 2021 di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Indonesia yang kebetulan saya ikut kembali dalam Bimtek tersebut. Gemasik (Gerakan Masyarakat Inklusif Karawang) bersama Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karawang telah mengadakan Bimtek Pendidikan Inklusif Tahun 2021 bagi Guru SD, Kepala Sekolah dan Pengawas Bina SD yang diselenggarakan selama 3 (tiga) hari dari Hari Senin, 8 November 2021 sampai Rabu, 10 November 2021 yang bertempat di Hotel Brits Karawang, Jl. Tarumanegara Kav. 8, Arteri Tol Karawang Barat I, Sukamakmur, Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Indonesia. Nama Kegiatan Bimtek Pendidikan Inklusif Tahun 2021 tersebut "Bimbingan Teknis Pengembangan dan Peningkatan Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan dalam Modifikasi dan Adaptasi Kurikulum, Pembelajaran, dan Penilaian dalam Layanan Pendidikan Inklusif Satuan Pendidikan SD Tahun 2021". Melalui Bimtek Pendidikan Inklusif Tahun 2021, Kita Wujudkan Sistem Layanan Pendidikan Inklusif yang Siap Melayani Semua Peserta Didik.


Bimtek Pendidikan Inklusif Tahun 2021

Bimtek Pendidikan Inklusif bagi Guru SD Tahun 2021 merupakan Bimbingan Teknis Inklusif yang ke - 4. Kegiatan Bimtek Pendidikan Inklusif di Karawang sudah berjalan sejak Tahun 2017, 2018, 2019 dan sekarang 2021. Pada tahun 2020 tidak diselenggarakan Kegiatan Bimtek Pendidikan Inklusif sehubungan dengan musibah pandemi Covid-19. Pada Bimtek Pendidikan Inklusif bagi Guru SD Tahun 2021 pun tetap mematuhi Protokol Kesehatan.


Bimtek Pendidikan Inklusif 2021

Narasumber dan Fasilitator Pada Bimtek Pendidikan Inklusif bagi Guru SD Tahun 2021 tersebut terdiri atas :
  1. Pejabat Disdikpora Kabupaten Karawang.
  2. Pengurus Kelompok Kerja Pendidikan Inklusif Kabupaten Karawang.
  3. Tim Narasumber dari Lintang Samudra Edukasi Yayasan MDP Media yaitu Bapak Drs. Dedy Kustawan, M.Pd., Bapak Deded Koswara, S.Pd., MM.Pd., dan Ibu Santi Komaladini, S.Pd., M.Pd.
  4. Tim Fasilitator dari Pusat Sumber (Resource Centre) SLB Negeri Kabupaten Karawang.
Baca juga : Bimtek Pendidikan Inklusif bagi Guru SD Tahun 2018

Bimtek Pendidikan Inklusif Tahun 2021

Adapun hasil yang diharapkan dari Bimtek Pendidikan Inklusif Bagi Guru SD Tahun 2021 tersebut, peserta dapat meningkatkan pemahaman dalam pengembangan dan peningkatan kompetensi guru dan tenaga kependidikan dalam mengakomodasi (modifikasi dan adaptasi) kurikulum, pembelajaran, dan penilaian dalam layanan pendidikan inklusif.


Bimtek Pendidikan Inklusif Tahun 2021

Hasil yang diharapkan dari Kegiatan Bimtek Pendidikan Inklusif Tahun 2021 tersebut dengan perincian sebagai berikut :
  1. Memiliki sikap positif terhadap keberagaman karakteristik peserta didik berkebutuhan khusus dalam pengembangan kurikulum, pembelajaran dan penilaian yang mengakomodasi peserta didik berkebutuhan khusus (ABK).
  2. Memiliki pengetahuan, pemahaman dan ketrampilan yang benar tentang akomodasi kurikulum, pembelajaran dan penilaian untuk peserta didik berkebutuhan khusus.
  3. Memiliki kemampuan merancang dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif bagi semua peserta didik sehingga dapat belajar secara optimal.
  4. Memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam merancang dan melaksanakan Program Pembelajaran Individual (PPI) untuk peserta didik berkebutuhan khusus yang memiliki hambatan/disabilitas intelektual.
  5. Memiliki pengetahuan dan Ketrampilan untuk membina, memantau dan mengevaluasi pengembangan kurikulum, pembelajaran dan penilaian/evaluasi yang mengakomodasi peserta didik berkebutuhan khusus.
Baca juga : Visi dan Misi Kabupaten Karawang 2021-2026
 

Gemasik - Bimtek Pendidikan Inklusif Tahun 2021

GEMASIK (Gerakan Masyarakat Inklusif Karawang)
Sekretariat : SEKOLAH ISLAM AL MUMTAAZ - NPSN : 69830587
Jln. Bukit Muria V No.3 Kav BMJ, Desa Purwadana, Kec. Telukjambe Timur, Karawang.

Demikian postingan tentang Kegiatan Bimbingan Teknis Pendidikan Inklusif Tahun 2021. Semoga bermanfaat. Tidak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karawang, Panitia dari Gemasik serta Narasumber yang telah membimbing kami selama 3 hari. Mohon maaf apabila ada kekurangan, kesalahan maupun kata-kata serta penulisan yang salah dan kurang berkenan. Saya mohon maaf.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
EKA IKHSANUDINEKA IKHSANUDIN
Selamat Datang di Blog Pribadi Saya Belajar dan Berbagi. Salam Persahabatan dan Salam Lestari Buana Nusantara dari Karawang, Jawa Barat, Indonesia.
Follow Me : | Google | Facebook | Twitter | Instagram | Youtube |
Terimakasih Sobat, telah berkunjung dan membaca artikel mengenai :
Bimtek Pendidikan Inklusif Tahun 2021
SALAM LESTARI BUANA NUSANTARA
Kampungsawah0703 - Karawang
EKA IKHSANUDIN
EKA IKHSANUDIN
EKA IKHSANUDIN
 
Support : KAMPUNGSAWAH 0703 | EkaIkhsanudin.Net
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Belajar dan Berbagi - All Rights Reserved
BELAJAR DAN BERBAGI - Eka Ikhsanudin
Original Design by Creating Website | Edited by Kompi Ajaib | Blogger by Belajar dan Berbagi