Selamat Hari Bela Negara Tahun 2021

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Selamat bermalam minggu Sobat Belajar Dan Berbagi dan Selamat Memperingati Hari Bela Negara Tahun 2021. Hari Bela Negara diperingati oleh bangsa Indonesia setiap tanggal 19 Desember. Tidak terasa besok Hari Minggu, 19 Desember 2021 bangsa Indonesia akan memperingati Hari Bela Negara Ke - 73 Tahun 2021. Hari Bela Negara ditetapkan sebagai Hari Nasional oleh Bapak Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono melalui Keputusan Presiden Nomor 28 Tahun 2006 yang menetapkan tanggal 19 Desember, diperingati sebagai Hari Bela Negara (HBN). Selain diperingati sebagai Hari Bela Negara, tanggal 19 Desember juga kebetulan merupakan Hari Ulang Tahun istri saya tercinta, jadi saya mudah sekali mengingatnya hehehe.
 

 
Berdasarkan sejarah latar belakang Hari Bela Negara, pada tanggal 19 Desember 1948 terjadi perlawanan sengit oleh TNI dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang telah di Proklamasikan pada 17 Agustus 1945 dalam menentang dan melawan penjajahan Belanda yang melakukan Agresi Militer Belanda II di kota Yogyakarta. Agresi Militer Belanda II tersebut diawali dengan pengeboman Bandar Udara Maguwo Yogyakarta. Kota Yogyakarta yang pada waktu itu menjadi ibukota negara Indonesia kemudian dikuasai musuh dalam waktu yang sangat singkat. Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Mohammad Hatta serta beberapa menteri juga ditangkap oleh penjajah Belanda. Mereka langsung dibawa ke pengasingan di Prapat, Sumatra dan Pulau Bangka. 


Momentum penyerangan Agresi Militer Belanda tersebut justru dimanfaatkan Indonesia untuk mendapatkan dukungan Internasional. Sementara Indonesia membentuk Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI) untuk menunjukkan kepada dunia bahwa pemerintahan Indonesia yang sah masih ada. Berdasarkan latar belakang peristiwa tersebut, kemudian Pemerintah Republik Indonesia menetapkan bahwa tanggal 19 Desember, diperingati sebagai Hari Bela Negara.
 
 
Tema Hari Bela Negara Tahun 2021

 
Peringatan Hari Bela Negara (HGN) Ke - 73 Tahun 2021 mengambil Tema "Semangat Bela Negaraku, Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh". Tema tersebut mengisyaratkan kepada kita semua sebagai warga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) untuk terus semangat mengobarkan dan mengimplementasikan sikap rela berkorban demi bangsa dan negara serta tumbuh bersama-sama untuk  berjuang pantang menyerah menuju Indonesia Maju.
 
Logo Hari Bela Negara Ke - 73 Tahun 2021


Demikian postingan kali ini tentang Peringatan Hari Bela Negara yang diperingati setiap 19 Desember. Saya sebagai penulis di Blog Belajar Dan Berbagi mengucapkan Selamat Hari Bela Negara Tahun 2021. Mohon maaf apabila ada kekurangan maupun kesalahan dalam penulisan dan penyajiaannya.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
EKA IKHSANUDINEKA IKHSANUDIN
Selamat Datang di Blog Pribadi Saya Belajar dan Berbagi. Salam Persahabatan dan Salam Lestari Buana Nusantara dari Karawang, Jawa Barat, Indonesia.
Follow Me : | Google | Facebook | Twitter | Instagram | Youtube |
Terimakasih Sobat, telah berkunjung dan membaca artikel mengenai :
Selamat Hari Bela Negara Tahun 2021
SALAM LESTARI BUANA NUSANTARA
Kampungsawah0703 - Karawang
EKA IKHSANUDIN
EKA IKHSANUDIN
EKA IKHSANUDIN
 
Support : KAMPUNGSAWAH 0703 | EkaIkhsanudin.Net
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Belajar dan Berbagi - All Rights Reserved
BELAJAR DAN BERBAGI - Eka Ikhsanudin
Original Design by Creating Website | Edited by Kompi Ajaib | Blogger by Belajar dan Berbagi