Selamat Hari Santri Tahun 2022

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Tidak terasa besok Hari Sabtu, 22 Oktober 2022 kita akan memperingati Hari Santri Tahun 2022. Selamat Memperingati Hari Santri Tahun 2022 ya Sobat semua. Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) tersebut ditetapkan oleh Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 tentang Penetapan tanggal 22 Oktober sebagai Peringatan Hari Santri. Penetapan tanggal 22 Oktober merujuk pada tercetusnya "Resolusi Jihad" yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Resolusi jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik 10 November 1945. Dimana tanggal 10 November setiap tahunnya kini diperingati sebagai Hari Pahlawan. Kementerian Agama Republik Indonesia pada tanggal 28 September 2022 melalui Website resmi (https://kemenag.go.id) telah mempublikasikan Logo dan Tema Peringatan Hari Santri Tahun 2022.


Selamat Hari Santri Tahun 2022

Tema Peringatan Hari Santri Tahun 2022 yaitu "Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan". Tema tersebut menurut Menteri Agama Republik Indonesia Bapak Yaqut Cholil Qoumas mengandung pesan bahwa Santri adalah pribadi yang selalu siap sedia mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara. Sejarah telah membuktikan bahwa santri selalu ada dalam setiap fase perjalanan Indonesia. Ketika Indonesia memanggil, santri tidak pernah mengatakan tidak. Santri dengan segala kemampuannya, bisa menjadi apa saja.
 
Selamat Hari Santri Tahun 2022
Logo Peringatan Hari Santri Tahun 2022 
Sumber : https://kemenag.go.id

Santri tidak hanya ahli ilmu agama, tetapi juga menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Meski bisa menjadi apa saja, santri tidaklah melupakan tugas utamanya menjaga agama. Karena salah satu tujuan agama adalah untuk memuliakan manusia. Sebaliknya, agama tidak diturunkan untuk merendahkan martabat kemanusiaan. "Santri senantiasa berprinsip bahwa menjaga martabat kemanusiaan atau hifdzunnafs adalah esensi ajaran agama, terutama di tengah kehidupan Indonesia yang sangat majemuk. Karena menjaga martabat kemanusiaan juga berarti menjaga Indonesia".
 

Pada Logo Peringatan Hari Santri Tahun 2022, ada 6 (enam) Filosofi yang terkandung didalamnya, yaitu :
  1. Merangkul, Melingkarkan lengan pada pundak (tubuh, pinggang, dan sebagainya) orang lain sambil melingkarkan kedua lengan. Ini bermakna melindungi, memberikan empati dan kepedulian.
  2. Jabat Tangan, Mengandung makna keakraban dalam setiap pertemuan, saling berbudaya, memberikan sapa. Mengulurkan tangan untuk saling membantu antar manusia dengan manusia yang lain.
  3. Daun, Daun hijau tidak hanya mengandung makna kehidupan dan energi pada manusia, tetapi juga harapan.
  4. Infinity, Simbol tak hingga (bahasa Inggris: infinity symbol) yang dilambangkan sebagai ∞, merupakan simbol matematika yang mewakili konsep tak hingga.
  5. Matahari, Matahari terus memberikan cahaya untuk kehidupan manusia. Matahari merupakan sumber energi alam semesta dan penghuninya, mengandung makna daya yang tidak pernah habis.
  6. Mata, Indera penglihatan manusia, untuk memandang segala hal, melihat keadaan sekitar. Ini mengandung pesan melihat dan mengamati apa yang terjadi dan apa yang bisa diperbuat.
 
Selamat Hari Santri Tahun 2022

 

Demikian postingan pada malam hari ini. Selamat Memperingati Hari Santri 2022 yang akan diperingati besok Hari Sabtu, 22 Oktober 2022. Mohon maaf kalau ada kekurangan serta kesalahan penulisan dalam penyajian postingan ini. Semoga bermanfaat. Bagimu Negeri, Jiwa Raga Kami, NKRI Harga Mati.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
EKA IKHSANUDINEKA IKHSANUDIN
Selamat Datang di Blog Pribadi Saya Belajar dan Berbagi. Salam Persahabatan dan Salam Lestari Buana Nusantara dari Karawang, Jawa Barat, Indonesia.
Follow Me : | Google | Facebook | Twitter | Instagram | Youtube |
Terimakasih Sobat, telah berkunjung dan membaca artikel mengenai :
Selamat Hari Santri Tahun 2022
SALAM LESTARI BUANA NUSANTARA
Kampungsawah0703 - Karawang
EKA IKHSANUDIN
EKA IKHSANUDIN
EKA IKHSANUDIN
 
Support : KAMPUNGSAWAH 0703 | EkaIkhsanudin.Net
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Belajar dan Berbagi - All Rights Reserved
BELAJAR DAN BERBAGI - Eka Ikhsanudin
Original Design by Creating Website | Edited by Kompi Ajaib | Blogger by Belajar dan Berbagi