BELAJAR DAN BERBAGI
Bursa Jual Beli Mobil Bekas di Denpasar, Bali
banner

DAPODIKDAS 4.0.0 DI RILIS 30 JULI 2015

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Selamat beraktifitas Sobat Blogger Belajar dan Berbagi dan semoga tetap semangat. Setelah pada postingan kemarin saya Review tentang Bengkel Blogger Mbah Dinan, pada postingan kali ini saya akan ikutan share tentang Aplikasi Dapodikdas Versi 4.0.0 yang akan di Rilis tanggal 30 Juli 2015 berdasarkan informasi dari Website Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tanggal 27 Juli 2015. Untuk peningkatan performa Dapodikdas, Aplikasi Dapodikdas versi 3.0.3 diubah ke Aplikasi Dapodikdas 4.0.0 dan akan segera dirilis pada tanggal 30 Juli 2015. Demikian disampaikan Supriyatno, Kepala Subagian Data dan Informasi, Bagian Perencanaan dan Penganggaran, Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Senin, 27 Juli 2015.
DAPODIKDAS 4.0.0 DI RILIS 30 JULI 2015

Berdasarkan informasi tersebut bahwa ada perbedaan antara Aplikasi Dapodikdas Versi 3.0.3 dengan Aplikasi Dapodikdas Versi 4.0.0. Pertama, ada penambahan referensi baru yang meliputi wilayah dan operasional. Kedua, pencantuman Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) sekolah pada formulir sekolah. Ketiga, entri dan atau update data dapat dilakukan dengan menggunakan lebih dari satu komputer. Seiring dengan akan di Rilis Aplikasi Dapodik terbaru itu, operator sekolah diwajibkan untuk melakukan update atau penyempurnaan data, baik yang berhubungan dengan siswa, guru, serta sarana dan prasarana. Selain Dapodikdas Versi 4.0.0, Perubahan juga terjadi pada Aplikasi Data Pokok Pendidikan Menengah (Dapodikmen) dari versi 8.1.4 menjadi 8.2.0. Sementara itu, Yusuf Rokhmat, Staf Data dan Informasi, menambahkan bahwa Rilis Aplikasi Dapodikdas tersebut juga akan diiringi dengan peluncuran wajah baru laman Dapodikdasmen. Ada metode tambah peserta didik baru online melalui Dapodikdasmen, sehingga operator sekolah tidak input ulang siswa kelas 7 (SMP).

Selain Informasi tentang Dapodikdas 4.0.0 yang akan di Rilis 30 Juli 2015, Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengeluarkan Surat Keterangan Penugasan kepada Tim Ad Hoc yang bertugas menyatukan data Padamu Negeri dengan Dapodik. Selasa pagi, 28 Juli 2015, Tim Ad Hoc menggelar rapat di Gedung C lantai 18 Kompleks Kemendikbud, Senayan, Jakarta. Rapat menyepakati sejumlah langkah yang menjamin proses penyatuan tidak mengganggu atau mengurangi layanan terhadap pendidik dan tenaga kependidikan. Dijadwalkan, proses penyatuan selesai dalam sebulan ke depan. "Cukup dengan satu sumber data, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan akan memanfaatkan data Dapodik untuk berbagai kebutuhan layanan," ujar Supriyatno, Kepala Sub Bagian Data dan Informasi, Bagian Perencanaan dan Penganggaran, Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, usai rapat. Menurut Beliau, salah satu langkah yang dilakukan dalam penyatuan Padamu Negeri dan Dapodik adalah penyatuan referensi, struktur, dan kelengkapan data. Diharapkan, dengan dilakukannya penyatuan Padamu Negeri dan Dapodik, layanan terhadap guru, operator sekolah, dinas pendidikan, dan semua pemangku kepentingan berjalan lebih baik. Dampak positif penyatuan Padamu Negeri dan Dapodik dirasakan langsung oleh operator sekolah. Mereka tidak perlu memasukkan data yang sama ke dalam aplikasi yang berbeda. Dengan begitu, langkah ini menjamin efisiensi kinerja operator dari segi waktu dan tenaga. "Sekarang disambut gembira oleh teman-teman operator," tegas Supriyatno. Mulai tahun pelajaran baru 2015/2016, operator tak perlu lagi menjaring data melalui Padamu Negeri.

Tim Ad Hoc berasal dari Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan, eks-Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P2TK) Pendidikan Dasar, eks-Direktorat P2TK Pendidikan Menengah, eks-pengelola Padamu Negeri di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kemendikbud, Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi, dan tim konsultan. 

Sebagai persiapan akan dirilisnya Dapodikdas Versi 4.0.0 dan Aplikasi Dapodikmen Versi 8.2.0, di bawah ini adalah alamat resminya untuk Download Dapodikdas Versi 4.0.0 dan Download Dapodikmen Versi 8.2.0.

LAMAN WEBSITE RESMI DOWNLOAD APLIKASI DAPODIKDAS


LAMAN WEBSITE RESMI DOWNLOAD APLIKASI DAPODIKMEN


Sumber : http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id dan http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id

Jangan Lupa Kunjungi Juga Postingan :
1. APLIKASI VERIFIKASI INDONESIA PINTAR
2. PENDIDIKAN BERKUALITAS UNTUK SEMUA
3. TREND PENDIDIKAN DI MASA DEPAN
4. Penumbuhan Budi Pekerti
5. LOGO DAN TEMA HUT RI KE 70 TAHUN 2015
Demikian postingan tentang Dapodikdas 4.0.0 Di Rilis 30 Juli 2015 serta share tentang Dapodikmen Versi 8.2.0. Semoga bermanfaat khususnya bagi saya pribadi dan umumnya bagi yang tidak sengaja berkunjung ke Blog Belajar dan Berbagi yang sederhana ini. Mohon maaf kalau dalam penyajian postingan ini ada kekurangan, kesalahan atau kata-kata serta penulisan yang kurang berkenan di hati.
Satu Nusa, Satu Bangsa, Satu Bahasa, Satu Data.
Salam Lestari Buana Nusantara

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
EKA IKHSANUDINEKA IKHSANUDIN
Selamat Datang di Blog Pribadi Saya Belajar dan Berbagi. Salam Persahabatan dan Salam Lestari Buana Nusantara dari Karawang - Jawa Barat.
Follow Me: | +Google | Facebook | Twitter | Contact | My Music |
Terimakasih Sobat, telah berkunjung dan membaca artikel mengenai :
DAPODIKDAS 4.0.0 DI RILIS 30 JULI 2015
Share This Article :
Print PDF
.post-comment-link { visibility: hidden; }
SALAM LESTARI BUANA NUSANTARA
BLOG BUDAK KAMPUNGSAWAH
EKA IKHSANUDIN
EKA IKHSANUDIN
EKA IKHSANUDIN
Follow blog
 
Support : KAMPUNGSAWAH 0703 | BUDAK KAMPUNGSAWAH
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. BELAJAR DAN BERBAGI - All Rights Reserved
Blog Eka Ikhsanudin
Original Design by Creating Website | Edited by Kompi Ajaib | Blogger Belajar dan Berbagi