BELAJAR DAN BERBAGI
Bursa Jual Beli Mobil Bekas di Denpasar, Bali
banner

SELAMAT HUT KARAWANG KE - 382 TAHUN 2015

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Selamat malam Sobat Belajar dan Berbagi. Mohon maaf kalau selama ini belum bisa aktif Blogwalking karena sedang banyak pekerjaan dan terima kasih kepada sobat blogger semuanya yang masih berkenan berkunjung ke blog saya ini. Tidak terasa sebentar lagi Kabupaten Karawang akan memperingati Hari Ulang Tahun nya (HUT) Ke - 382 di Tahun 2015 ini. HUT Karawang Ke - 382 tersebut akan diperingati pada tanggal 14 September 2015. Berdasarkan hasil penelitian panitia sejarah yang dibentuk dengan Surat Keputusan Bupati Kepala Daerah Tingkat II Karawang nomor : 170/PEM/H/SK/1968 tanggal 1 Juni 1968 yang telah mengadakan penelitian dari pengkajian terhadap tulisan tentang Karawang, menetapkan bahwa hari jadi Kabupaten Karawang pada tanggal 10 Rabi’ul awal tahun 1043 H, atau bertepatan dengan tanggal 14 September 1633 Masehi atau Rabu tanggal 10 Mulud 1555 tahun jawa/saka. Dengan demikian secara tradisional setiap tanggal 14 September masyarakat dan Pemerintah Daerah memperingati sebagai "Hari Jadi Kabupaten Karawang".

SELAMAT HUT KARAWANG KE - 382 TAHUN 2015

Pada Postingan HUT Karawang Ke - 382 Tahun 2015 ini saya sedikit akan menulis tentang gambaran umum Kabupaten Karawang yang saya rangkum dari berbagai sumber. Pada postingan terdahulu pada waktu HUT Karawang tahun 2014 saya juga pernah menulis sedikit Sejarah Karawang. Kabupaten Karawang berada di bagian utara Provinsi Jawa Barat yang secara geografis terletak antara 107°02’ - 107°40’ BT dan 5°56’ - 6°34’ LS, termasuk daerah daratan yang relatif rendah, mempunyai variasi ketinggian wilayah antara 0-1.279 meter di atas permukaan laut dengan kemiringan wilayah 0°-2°, 2°-15°, 15°-40°, dan di atas 40° dengan temperatur udara rata-rata 27° C, tekanan rata-rata 0,01 milibar, penyinaran matahari 66% serta kelembaban nisbi 80%. Curah hujan tahunan berkisar 1.100-3.200 mm/tahun. Topografi di Kabupaten Karawang sebagian besar berbentuk dataran yang relatif rendah (25 mdpl) terletak pada bagian utara mencakup Kecamatan Pakisjaya, Batujaya, Tirtajaya, Pedes, Rengasdengklok, Kutawaluya, Tempuran, Cilamaya, Rawamerta, Telagasari, Lemahabang, Jatisari, Klari, Karawang, Tirtamulya, sebagian Telukjambe, Jayakerta, Majalaya, sebagian Cikampek dan sebagian Ciampel. Hanya sebagian kecil wilayah yang bergelombang dan berbukit-bukit di bagian selatan dengan ketinggian antara 26 – 1.200 mdpl. Daerah perbukitan tersebut antara lain : Gunung Pamoyanan, Dindingsari, Golosur, Jayanti, Godongan, Rungking, Gadung, Kuta, Tonjong, Seureuh, Sinalonggong, Lanjung dan Gunung Sanggabuana. Terdapat pula Pasir Gabus, Cielus, Tonjong dengan ketinggian bervariasi antara 300-1.200 mdpl dan tersebar di Kecamatan Tegalwaru, sebagian kecil Kecamatan Pangkalan dan Kecamatan Ciampel Kabupaten Karawang terutama di Pantai Utara tertutup pasir pantai yang merupakan batuan sedimen yang dibentuk oleh bahan–bahan lepas terutama endapan laut dan aluvium vulkanik. Di bagian tengah ditempati oleh perbukitan terutama dibentuk oleh batuan sedimen, sedangkan dibagian selatan terletak Gunung Sanggabuana dengan ketinggian ± 1.291 mdpl, yang mengandung endapan vulkanik.

Kabupaten Karawang dilalui oleh beberapa sungai yang bermuara di Laut Jawa. Sungai Citarum merupakan pemisah antara Kabupaten Karawang dengan Kabupaten Bekasi, sedangkan sungai Cilamaya merupakan batas wilayah dengan Kabupaten Subang. Selain sungai, terdapat tiga buah saluran irigasi yang besar, yaitu : Saluran Induk Tarum Utara, Saluran Induk Tarum Tengah, dan Saluran Induk Tarum Barat yang dimanfaatkan untuk pengairan sawah, tambak dan pembangkit tenaga listrik. Luas wilayah Kabupaten Karawang 1.753,27 Km² atau 175.327 Ha, luas tersebut merupakan 4,72 % dari luas Provinsi Jawa Barat (37.116,54 Km²) dan memiliki laut seluas 4 Mil x 84,23 Km, dengan batas-batas wilayah sebagai berikut:
a. Sebelah Utara Berbatasan dengan Laut Jawa;
b. Sebelah Timur Berbatasan dengan Kabupaten Subang;
c. Sebelah Tenggara Berbatasan dengan Kabupaten Purwakarta;
d. Sebelah Selatan Berbatasan dengan Kabupaten Bogor dan Cianjur;
e. Sebelah Barat Berbatasan dengan Kabupaten Bekasi;

Kabupaten Karawang disamping sebagai lumbung padi Jawa Barat juga merupakan salah satu daerah yang dapat memberikan kontribusi kebutuhan beras nasional setiap tahunnya mencapai 865.000 ton/tahun. Selain sebagai daerah pertanian, Indistri di Karawang pun banyak. Industri di Kabupaten Karawang dikembangkan di lahan seluas 13.718 Ha atau 7,85% dari luas Kabupaten Karawang, terdiri atas :
  • Kawasan Industri Khusus seluas 36.757,5 Ha (terdiri atas Kecamatan Teluk jambe Barat, Teluk Jambe Timur Ciampel,Klari dan Kecamatan Cikampek).
  • Kawasan Industri Terpadu seluas 743 Ha di Kecamatan Telukjambe Barat.
  • Kawasan Industri seluas 1.000 Ha di Kecamatan Cikampek.
  • Zona Industri seluas 5.217,6 Ha (Kecamatan Klari, Kecamatan Purwasari, Kecamatan Cikampek, Kecamatan Kota Baru, Kecamatan Ciampel, Kecamatan Pangkalan, Kecamatan Teluk Jambe Barat, Kecamatan Karawang Barat, Kecamatan Karawang Timur, Kecamatan Rengasdengklok ).

Sampai saat ini pengembangan kegiatan industri di Kabupaten Karawang dialokasikan pada bagian selatan, tepatnya di Kecamatan Klari, Cikampek, Telukjambe Barat, Telukjambe Timur, Purwasari, Karawang, Jatisari, Pangkalan dan Cikampek. Walaupun begitu tidak semuanya berkembang, terutama yang diperuntukan untuk Kawasan Industri terpadu di Kecamatan Telukjambe Barat seluas kurang lebih 743 Ha, 2400 Ha fungsinya sudah dikembalikan pada semula sebagai lahan Perhutani. Lambatnya perkembangan kegiatan industri tersebut diakibatkan terjadinya krisis ekonomi yang melanda Indonesia sejak tahun 1997. Kegiatan industri yang relatif berkembang diantaranya Kota Industri di bagian timur (Kota Bukit Indah City) Kecamatan Cikampek, Kawasan Industri (Kecamatan Telukjambe Timur dan Pangkalan), Zona Industri (Kecamatan Telukjambe Timur, Klari, Cikampek dan Karawang). Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 53 Tahun 1989 tentang Pengembangan Kawasan Industri, Kabupaten Karawang telah ditetapkan sebagai daerah pengembangan kawasan industri. Jumlah industri Besar dan Industri Kecil sampai dengan tahun 2014 Sebanyak 9.979 industri.

Secara umum potensi bahan galian unggulan di Kabupaten Karawang yang layak untuk dikembangkan lebih lanjut adalah Batu Gamping, Batu Andesit dan Sirtu. Hal ini didasarkan atas nilai ekonomis dan besaran potensi bahan galian tersebut.
  • Batu Gamping : Terdapat di Kecamatan Pangkalan dengan sumberdaya 408 juta m³.
  • Batu Andesit : Terdapat di Gn. Sinalanggeng, Gn. Cengkik, Gn. Cipaga dan Tegalwaru, Kec. Pangkalan, dengan sumberdaya mencapai 728 juta m³.
  • Pasir dan Sirtu : Terdapat di S. Citarum, Telukjambe, Rengasdengklok, Cikampek, Klari dan Pangkalan dengan sumberdaya mencapai 205 juta m³.

Sumber perikanan di Kabupaten Karawang pada tahun 2014 antara lain sebagai berikut :
  • Perikanan Tangkap (air laut dan perairan umum), dengan produksi 87.766,55 ton;
  • Perikanan Budi Daya (tambak, kolam dan sawah), dengan produksi 41.157,00 ton;
  • Produk Olahan Hasil Perikanan (pindang, ikan asin, terasi dan krupuk) dengan produksi 33.776,44 ton;
  • Produk Garam dengan produksi 3.735,78 ton.
Kegiatan perikanan tangkap di laut dan perairan umum (sungai, rawa dan waduk) pada tahun 2014 sebagai berikut :
  • Ikan Laut, dengan jumlah produksi 8.580,93 ton.
  • Ikan sungai, dengan jumlah produksi 64,06 ton.
  • Ikan rawa, dengan jumlah produksi 28,32 ton.
  • Ikan waduk/galian C, dengan jumlah produksi 93,24 ton
Kegiatan perikanan perairan budidaya (tambak, kolam dan sawah/mina padi) pada tahun 2014 adalah sebagai berikut :
a) Ikan tambak, dengan jumlah produksi 37.839,70 ton;
b) Ikan kolam (KAT), dengan jumlah produksi 2.692,04 ton;
c) Ikan sawah (mina padi), dengan jumlah produksi 273,64 ton;
d) Ikan jaring terapung (KJA), dengan jumlah produksi 351,62 ton.

Kegiatan pengolahan hasil perikanan (pindang, ikan asin, terasi dan krupuk) pada tahun 2014 adalah sebagai berikut :
a) Pindang, dengan jumlah produksi 28.356,00 ton;
b) Ikan Asin, dengan jumlah produksi 3.953,56 ton;
c) Terasi, dengan jumlah produksi 285,36 ton;
d) Krupuk, dengan jumlah produksi 1.178,00 ton.

Sektor pariwisata di Kabupaten Karawang sangat potensial. Namun potensi tersebut masih perlu perhatian khusus. Hal tersebut disebabkan sektor pariwisata belum memberi kontribusi yang signifikan terhadap sektor perekonomian daerah. Memperhatikan letak geografis Kabupaten Karawang dapat disimpulkan bahwa terdapat beragam objek wisata di Karawang. Keberagaman objek wisata tersebut terbagi menjadi 6 karakter wisata, yaitu : 
  • Pegunungan; 
  • Bahari;
  • Sejarah (heritage); 
  • Religi; 
  • Purbakala; dan 
  • buatan. 
Daya tarik wisata berdasarkan karakter wisatanya dapat dijabarkan sebagai berikut :
  1. Wisata Alam (bahari dan pegunungan) meliputi keindahan, banyaknya jenis sumber daya alam yang menonjol untuk wisata, keunikan sumberdaya alam, keutuhan sumber daya alam, pilihan kegiatan, kebersihan udara, ruang gerak pengunjung, kepekaan sumberdaya alam;
  2. Wisata Budaya (purbakala, heritage, dan religi) meliputi karya yang unik, tua, tidak ada di tempat lain (artefak purbakala), mengandung peristiwa sejarah, memiliki warisan budaya yang sudah mengakar seperti tarian, dan ritual budaya lainnya, termasuk didalamnya berbagai kegiatan ritual atau situs keagamaan yang menarik orang untuk berziarah;
  3. Wisata Buatan/Minat Khusus meliputi daya tarik dari objek wisata yang dibuat manusia tetapi sudah berpadu dengan alam sekitarnya sehingga menjadi sesuatu yang indah, tidak ada duanya, dan menunjukkan kehebatan pembuatan objek tersebut, misalkan bendungan, jembatan, danau buatan, dan lain-lain. Selain itu terdapat juga daya tarik wisata minat khusus, misalkan wisata kuliner yang khas hanya terdapat di daerah tersebut, olah raga khusus yang dapat dilakukan di daerah tersebut dan sejenisnya.

Jumlah ODTW (Objek Destinasi Tujuan Wisata) yang terdapat di Kabupaten Karwang tercatat kurang lebih 32 ODTW yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Karawang. Dari 30 Kecamatan yang terdapat di Kabupaten Karawang setiap Kecamatan memiliki potensi dan produk yang diunggulkan mulai dari wisata alam, sejarah, budaya, buatan, kuliner dan lain-lain. Beberapa jenis dan sebaran ODTW yang ada di Kabupaten Karawang antara lain :
  1. Wisata Alam (pegunungan dan bahari) : Desa Wisata Mekarbuana, Kawasan Wisata Pantai Tanjung Pakis, Buana Wisata Cikeong, Kawasan Wisata Pantai Tanjung Baru, Kawasan Wisata Pantai Samudra Baru Desa Sungaibuntu, Wisata Pantai Pasir Putih Desa Pasirjaya Kec. Cilamaya Wetan, Curug Cigentis, Curug Bandung, Curug Lalay, Curug Santri, Curug Cikolengkap dan Curug Cipanundaan.
  2. Wisata Budaya (sejarah/Heritage), purbakala, religi) : Situs Purbakala Candi Jiwa, Candi Lanang, Candi Wadon, Situs Purbakala Kuta Tandingan, Petilasan Joko Tingkir, Makam Tubagus Rangin dan Makam Para Mantan Bupati Karawang, Tugu Proklamasi Rengasdengklok Monumen Rawagede, Monumen Resimen V Cikampek, Monumen Suroto Kunto dan Rumah Djiouw Ki Siong, Makam Syech Quro dan Vihara Sian Jin Kupoh.
  3. Wisata Buatan/Minat Khusus : Bendungan Walahar/Parisdo, Danau Gempol Rawa, Situ Kamojing dan Bendungan Cibayat, Batu Tumpang Adventure Camp (BATAC).

BLOGGER BELAJAR DAN BERBAGI

Mengucapkan

14 September 1633 - 14 September 2015
Jangan lupa kunjungi juga postingan tentang :
DIRGAHAYU TNI AL KE - 70 TAHUN 2015
MUSIC BON JOVI – YOU GIVE LOVE A BAD NAME
KOMPI AJAIB BLOG KANG ADHY SURYADI
ALEXA DI GOYANG SEO ALA BLOGWALKING
BERPRASANGKA BURUK ITU TIDAK BAIK
HALO - HALO BANDUNG
SELAMAT HUT JAWA BARAT KE - 70 TAHUN 2015
NAMA - NAMA KABUPATEN DI JAWA BARAT
SELAMAT HARI KEMERDEKAAN INDONESIA KE - 70

Demikian postingan malam hari ini, mohon maaf apabila ada kekurangan, kesalahan maupun kata-kata yang kurang berkenan di hati. Selamat HUT Karawang ke - 382 Tahun 2015.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
EKA IKHSANUDINEKA IKHSANUDIN
Selamat Datang di Blog Pribadi Saya Belajar dan Berbagi. Salam Persahabatan dan Salam Lestari Buana Nusantara dari Karawang - Jawa Barat.
Follow Me: | +Google | Facebook | Twitter | Contact | My Music |
Terimakasih Sobat, telah berkunjung dan membaca artikel mengenai :
SELAMAT HUT KARAWANG KE - 382 TAHUN 2015
Share This Article :
Print PDF
.post-comment-link { visibility: hidden; }
SALAM LESTARI BUANA NUSANTARA
BLOG BUDAK KAMPUNGSAWAH
EKA IKHSANUDIN
EKA IKHSANUDIN
EKA IKHSANUDIN
Follow blog
 
Support : KAMPUNGSAWAH 0703 | BUDAK KAMPUNGSAWAH
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. BELAJAR DAN BERBAGI - All Rights Reserved
Blog Eka Ikhsanudin
Original Design by Creating Website | Edited by Kompi Ajaib | Blogger Belajar dan Berbagi