Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Kemarin Hari Sabtu, 25 Januari 2020 bertepatan dengan Libur Hari Raya Imlek 2020, Kami sekeluarga menyempatkan untuk Liburan Wisata Ke Dusun Bambu Lembang Bandung Barat. Tempat wisata Dusun Bambu yang akan kami kunjungi beralamat di Jl. Kolonel Masturi KM 11, Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat Kode Pos 40551. Karena adiknya istri ingin sekali tahu Tempat Wisata Dusun Bambu tersebut dan kebetulan saya dan istri juga belum pernah kesana jadi deh Hari Sabtu tersebut Liburan Ke Tempat Wisata Dusun Bambu. Tempat Wisata Dusun Bambu merupakan salah satu Obyek Wisata di daerah Lembang, Bandung Barat. Sebetulnya banyak sekali obyek-obyek wisata di daerah Bandung Barat tersebut. Tetapi hanya beberapa saja yang sudah saya kunjungi. Dan sehubungan saya juga belum menulis postingan di Blog Belajar dan Berbagi lagi, sekalian saja buat nambah postingan saya tulis Wisata Ke Dusun Bambu Lembang Bandung ini hehe.

Pagi itu Sabtu, 25 Januari 2020 saya bersama istri sudah siap-siap berangkat liburan ke Tempat Wisata Dusun Bambu. Walau di Kampungsawah sempat diguyur hujan sejak shubuh dan halaman depan rumah sedikit tergenang air hujan, niat untuk liburan tetap berjalan. Kira-kira pukul 07.30 WIB kami sekeluarga berangkat ke Pedes, Karawang menjemput saudara dan mertua dulu yang ingin ikut liburan ke Dusun Bambu, Bandung. Berangkat dari Pedes, Karawang sekitar pukul 09.00 WIB. Dari Karawang kami menuju Dusun Bambu, Bandung Barat menggunakan Via Tol Cipularang - Tol Purbaleunyi masuk dari Tol Karawang Timur. Untuk mengantisipasi kemacetan karena hari libur kami mencoba keluar di Tol Padalarang Timur.

Liburan Wisata Ke Dusun Bambu Lembang Bandung

Keluar dari Tol Padalarang Timur untuk menuju Dusun Bambu, Bandung Barat kami menggunakan rute Jl. Ciloa menuju Jl. Kolonel Masturi (Via GPS Google Map : Ambil arah barat di Jl. Nanggeleng - Cirahayu menuju Jl. Nasional III - Ambil Jl. Parahyangan Raya ke Jl. Nasional III - Mengemudi dari Jl. Ciloa dan Jl. Kolonel Masturi ke Cisarua). Untuk kendaraan pribadi bisa menggunakan alternatif rute tersebut. Tapi cek dulu kendaraan kita, karena rute jalan ini banyak tanjakan dan tikungan. Alhamdulillah sekitar pukul 12.30 WIB kami sudah sampai di Obyek Wisata Dusun Bambu, Bandung Barat.

Liburan Ke Dusun Bambu Lembang Bandung

Begitu sampai di Tempat Parkir Dusun Bambu Lembang Bandung, kami langsung disambut hujan hehe. Maklum lagi musim penghujan, untungnya kami sedia payung untuk jaga-jaga kalau hujan turun. Dan ternyata petugas pengelola Dusun Bambu juga menyediakan payung serta jas hujan. Kemudian kami sekeluarga ke tempat Tiket untuk membeli Tiket Masuk. Pada waktu 25 Januari 2020 itu harga Tiket Masuk nya Rp. 30.000/orang. Untuk anak-anak kalau nggak salah (soalnya saya lupa) tinggi di atas 80 cm juga berhak untuk membeli karcis. Setelah membeli karcis kita akan dijemput oleh mobil wisata Dusun Bambu untuk menuju ke atas ke Lokasi Wisata Dusun Bambu.

Baca juga : Tugu Perjuangan Rengasdengklok

Obyek Wisata Dusun Bambu, Bandung Barat

Dusun Bambu yang letaknya berada di kaki Gunung Burangrang merupakan ekowisata di Jawa Barat yang menggabungkan keindahan alam dengan pesona budaya tradisional Sunda. Mencakup lebih dari 15 hektar lahan yang sebelumnya adalah tanah pertanian yang sebelumnya kondisinya memprihatinkan. Pada 2008 sekelompok pengusaha Indonesia berinisiatif dan memperbaiki ekosistem yang rusak dan menjadikannya kawasan konservasi bambu. Keindahan yang menawan dari alam Dusun Bambu telah mempesona banyak orang.

Baca juga : Tukang Photo Bukan Photografer

Dengan topografinya yang sedikit berbukit, pejalan kaki dan pengendara motor dapat menemukan tempat yang ideal untuk menjelajahi alam Burangrang dan tempat-tempat budaya yang menarik di sawah bertingkat, sebuah danau kecil dan sungai kecil memberi daerah itu karakter yang berbeda. Dusun Bambu telah ditunjuk untuk pelestarian spesies tanaman asli, termasuk pohon, bunga, dan terutama bambu. Di sini keluarga dapat menjelajahi alam dan tradisi lokal dengan cara yang menyenangkan. Sayangnya saya tidak sempet berfoto-foto banyak, cuma ada beberapa yang sempat saya abadikan dalam kamera handphone. Maklum tidak hoby berfoto-foto hehe.

Foto Dekat Danau Saung Purbasari

Liburan Ke Dusun Bambu Lembang Bandung

O..iya lupa, untuk berbelanja atau membeli sesuatu di dalam Tempat Wisata Dusun Bambu kita bisa menggunakan pembayaran ada yang Tunai dan ada juga Non Tunai. Karena pada waktu itu saya sempat membeli kopi dan jagung bakar memakai Non Tunai. Dan istri saya sempat juga berbelanja baju serta mainan untuk anak memakai tunai. Untuk Non Tunai kita bisa membeli Kartu Non Tunai di tempat yang sudah disediakan dan bisa langsung mengisi saldo pada kartu tersebut untuk keperluan belanja. Ketika sudah sore kami sekeluargapun pulang dan sempat melihat dan mengabadikan Kesenian Barongsai Imlek 2020 serta Tari-tarian Merayakan Imlek 2020 sebelum pintu keluar Dusun Bambu.

Tiket Masuk ke Obyek Wisata Dusun Bambu juga bisa langsung ditukarkan dengan Bibit Tanaman ketika kita keluar dari Dusun Bambu lho. Cocok sekali buat teman-teman yang hoby nya bertanam di rumah. Bagi sobat yang tidak sengaja berkunjung ke Blog Belajar dan Berbagi dan ingin berwisata ke Dusun Bambu Lembang Bandung untuk lebih lengkapnya bisa mengunjungi Website Dusun Bambu di alamat : https://dusunbambu.id.

Video Liburan Wisata Ke Dusun Bambu Lembang Bandung

Video Barongsai Imlek di Wisata Dusun Bambu 25 Januari 2020

Video Tari-tarian Merayakan Imlek 2020 di Wisata Dusun Bambu

Demikian postingan kali ini tentang Liburan Wisata Ke Dusun Bambu Lembang Bandung Barat semoga bermanfaat dan mohon maaf apabila ada kesalahan maupun kekurangan dalam penulisannya.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
EKA IKHSANUDINEKA IKHSANUDIN
Selamat Datang di Blog Pribadi Saya Belajar dan Berbagi. Salam Persahabatan dan Salam Lestari Buana Nusantara dari Karawang, Jawa Barat, Indonesia.